Polhukam

Tidak Ada Untungnya Bagi Polri Memeriksa Amien Rais

PARLEMENTARIA.COM – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menegaskan, tidak ada untungnya bagi polisi melakukan pemeriksaan terhadap Amien Rais dalam kasus kebohongan aktivis kemanusiaan Ratna Sarumpaet.

“Mestinya polisi fokus saja memeriksa Ratna Saumpaet, tidak usah memutar-mutar. Apa pula ceritanya, memeriksa pak Amien Rais,” kata Fahri kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (10/10/2018).

Fahri menyarankan polisi agar merujuk saja dengan apa yang disampaikan Ratna Sarumpaet yang meminta agar fokus kedirinya saja, tidak usah mutar-mutar. “Apalagi pak Amien kan tidak tahu apa-apa, karena dia orang yang diajak oleh Prabowo untuk menjenguk Bu Ratna,” kata Fahri.

Menurut Fahri, dalam kasus Ratna Sarumpaet, yang diperlukan adalah pemeriksaan dari psikiater terhadap Ratna secara mendalam sebelum polisi mengembangkan kasus tersebut kemana-mana, supaya tidak salah dari awal. “Saya malah mendengar soal-soal lain, Bu Ratna itu perlu pendampingan, dan pemeriksaan psikiater,” ujar anggota DPR asal NTB itu lagi.

Masih dalam kasus Ratna Sarumpaet, Fahri meminta semua pihak berhati-hati, terutama membawa-bawa tim sukses dalam pertengkaran ini. Mengapa? Sebab ini tidak produktif bagi polisi dan penegakan hukum.

“Dan juga, tidak produktif bagi perkembangan demokrasi kita, apalagi menjelang pilpres dan pileg ini. Polisi harus bisa menjaga ini supaya tetap fokus kepada pesoalan,” imbuhnya.

Apalagi, ada banyak kasus hukum yang dilaporkan. Dan, kalau terus konsentrasi dalam kasus Ratna Sarumpaet, nanti orang beranggapan polisi itu sudah berpolitik.

“Itu pulalah kini muncul serangan kepada pimpinan Polri kan. Saya kira karena dianggap Polri telah menjadi bagian dari pertarungan itu, sehingga ada serangan kepada pimpinan Polri. Nah ini hal-hal yang harusnya dihindai dari awal,” pungkas Fahri Hamzah. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top