Polhukam

Pemilu 2019 Diikuti 14 Partai

PARLEMENTARIA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 14 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019. Penetapan itu dilakukan KPU setelah melalui rekapitulasi nasional verifikasi faktual terhadap partai yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019.

Ketua KPU RI Arief Budiman di Hotel Grand Mercure, Harmoni, Jakarta, Sabtu (17/2/2018) menjelaskan, dari 16 partai politik yang mendaftarkan sebagai perserta Pemilu 2019, dua diantaranya dinyatakan tidak lolos rekapitulasi nasional verifikasi faktual. Kedua partai tersebut adalah Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Sedangkan 14 partai yang dinyatakan lolos, empat diantaranya merupakan partai pendatang baru. Keempat partai tersebut adalah Partai Berkarya, Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Sisanya adalah partai politik yang sudah ikut Pemilu 2014, yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Terkait dua parpol dinyatakan tidak lolos rekapitulasi nasional verifikasi faktual yakni PBB dan PKPI, seperti dijelaskan Arief, disebabkan kedua partai itu secara nasional tidak memenuhi syarat karena tidak memenuhi syarat kepengurusan dan keanggotaan sebesar 75 persen di kabupaten dan kota. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top