Polhukam

KPK Minta Sidang Praperadilan Novanto Ditunda 3 Pekan

PARLEMENTARIA.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta penundaan sidang perdana permohonan praperadilan yang diajukan Ketua DPR RI Setya Novanto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan selama tiga pekan dengan alasan sedang mempersiapkan bukti-bukti surat dan surat-surat administrasi serta melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

Surat permintaan penundaan sidang praperadilan dari KPK tersebut dibacakan Hakim Tunggal Kusno yang menyidangkan gugatan praperadilan Setya Novanto, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (30/11/2017).

“Tadi saya menerima surat dari termohon tertanggal 28 November 2017, saya terima dari Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan nomor surat nomor B887/HK.07.00/55/11/2017. Hal permintaan penundaan persidangan perkara praperadilan nomor 133/Pid.Prap/2017/PN.JKT.SEL,” kata Hakim Kusno saat membacakan surat KPK tersebut.

Hakim Kusno mengatakan, KPK selaku termohon praperadilan tidak dapat hadir dan memohon untuk menunda sidang atas perkara dimaksud karena mempersiapkan bukti-bukti surat dan surat-surat administrasi serta melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

“Untuk itu, kami mohon kepada Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan cq Hakim Praperadilan dalam perkara nomor 133/Pid.Prap/2017/PN.JKT.SEL dapat menunda persidangan praperadilan minimal tiga minggu ke depan,” kata Kusno membacakan surat itu.

Surat tersebut ditembuskan kepada pimpinan KPK, Sekretaris Jenderal KPK, Deputi Penindakan, dan Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PIPM) serta ditandatangani oleh Kepala Biro Hukum KPK Setiadi.

Hal serupa pernah dilakukan KPK pada sidang gugatan praperadilan Ketua DPD Irman Gusman. Namun beberapa hari sidang praperadilan pembacaan putusan, KPK melimpahkan berkas perkara Irman ke Pengadilan Tipikor dan secara otomatis gugatan praperadilan Irman Gusman batal. (esa/anc).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top