Polhukam

Jelang HUT Ke-54, Fraksi Golkar MPR Gelar Seminar Soal Pemilu 2019

PARLEMENTARIA.COM– Pemilihan legislatif yakni DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota, DPD RI serta pemilihan presiden-wakil presiden 17 April tahun depan yang untuk pertama kalinya diselenggarakan serentak dalam sejarah politik Indonesia membutuhkan kesiapan dan partisipasi semua pihak.

Untuk itu, Fraksi Partai Golkar MPR RI dalam memperingati HUT ke-54 partai berlambang Pohon Beringin ini bakal menggelar seminar kebangsaan dengan tema ‘Membangun Pemilu 2019 yang Damai, Bersih dan Bermartabat’. Partai Golkar berdiri 20 Oktober 54 tahun silam.

Kegiantan tersebut, kata Ketua Fraksi Partai Golkar MPR RI, Agun Gunandjar Sudarsa dalam keterangan tertulis melalui WhatssApp (WA) kepada Parlementaria.com, Selasa (2/10) malam, berlangsung sehari penuh, Senin 15 Oktober mendatang di Gedung KK I Komplek Parlemen Senayan, Jakarta.

Seminar ini bakal diawali pidato, pengarahan dan pembukaan oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Sedangkan tema tersebut dipilih karena mempertimbangkan pengalaman pemilu-pemilu sebelumnya yang selalu saja menyisakan masalah.

Terlebih, kata politisi senior kelahiran Bandung 60 tahun silam ini, untuk pemilu 2019 dimana pileg dan pilpres dilakukan pada waktu bersamaan yang tentunya memiliki sifat, karakter dan tehnis penyelenggaraan berbeda serta akan lebih kompleks.

Dikatakan Agun, seminar ini menampilkan empat topik yakni: Peran Polri dalam mewujudkan Pemilu Aman, Tertib dan Damai, oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Antisipasi Kecurangan dan Politik Uang pada Pemilu 2019 oleh Ketua Bawaslu RI.

Tema lainnya adalah Membangun Komunikasi Politik Yang Cerdas dan Partisipatif oleh Pakar Komunikasi Politik Pasca Sarjana Komunikasi Univesitas Indonesia serta Isu Politik Kebangsaan Yang Mensejahterakan Rakyat oleh DR Valina Sinka Subekti uang juga mantan PAH I BP MPR, mantan anggota KPU RI, Dosen Fisip UI.

Lebih jauh dikatakan, kegiatan ini menghadirkan peserta dari pimpinan partai politik peserta pemilu legislatif 2019 dan pimpinan Tim Kampanye Nasional dari Pasangan calon presiden dan wakil presiden Pilpres 2019.

“Selain pimpinan Ormas, OKP, LSM, Media, kami juga mengundang pimpinan perguruan tinggi, perwakilan organisasi mahasiswa, pemuda dan wanita se jabodetabek,”

Melalui seminar ini dapat memberikan pencerahan dalam mewujudkan pemilu 2019 yg semakin berkualitas, penuh kedamaian, penuh santun, etis, bersih, menjalin persatuan dan kesatuan.

“Pemilu yang mampu menghasilkan pemerintahan efektif guna mewujudkan kesejahteraan rakyat. Menjadi Negara terdepan dalam membangun demokrasi bermartabat di kancah pergaulan dunia Internasional. Maju Terus Pantang mundur,” demikian Agun Gunandjar Sudarsa. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top