Polhukam

Bawaslu: Dugaan Mahar Sandi Tak Dapat Dibuktikan Secara Hukum

PARLEMENTARIA.COM – Berdasarkan hasil pemeriksaan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), tidak ditemukan bukti-bukti pemberian mahar yang dilakukan calon wakil presiden (Cawapres) Sandiaga Uno kepada PAN dan PKS.

“Terhadap pokok laporan nomor 01/LP/PP/RI/00.00/VIII/2018 yang menyatakan diduga telah terjadi pemberian imbalan berupa uang oleh Sandiaga Uno kepada PAN dan PKS pada proses pencalonan presiden dan wakil presiden tidak dapat dibuktikan secara hukum,” bunyi keterangan tertulis Ketua Bawaslu Abhan yang diterima media massa, Jumat (31/8/2018).

“Terhadap keterangan pelaporan dan saksi-saksi yang telah diambil keterangannya pada proses klarifikasi yang dilakukan Bawaslu, para saksi tidak melihat, mendengar atau mengalami secara langsung peristiwa yang dilaporkan oleh pelapor melainkan mendengar dari keterangan pihak lain (testimunium de auditu) sehingga tidak memiliki kekuatan dalam pembuktian.

“Bahwa terhadap bukti-bukti seperti kliping, screenshot dan video yang disampaikan oleh pelapor kepada Bawaslu merupakan bukti-bukti yang memerlukan keterangan tambahan yang membenarkan bukti tersebut, sehingga bukti-bukti tersebut patut untuk dikesampingkan”, terangnya.

Kesimpulan terakhir Bawaslu adalah bahwa terhadap laporan nomor 01/LP/PP/RI/00.00/VIII/2018 tidak ditemukan jenis dugaan pelanggaran pemilu yang dilanggar oleh terlapor. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top