Polhukam

Hasbi Ajak Anak Bangsa Amalkan Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari

PARLEMENTARIA.COM– Anggota MPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Provinsi Banten I (Lebak&Pandeglang), Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya mengajak seluruh anak bangsa untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Soalnya, kata Hasbi dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR di Pesantren Bidayatul Ilmi, Desa Tegal Papak, Kecamatan Pagelaran, Pandeglang bari-baru ini, nilai yang terkandung dalam Pancasila bila dijalankan dalam kehidupan sehari-hari menjadikan kehidupan semakin baik.

Karena itu, jelas anggota Komisi II DPR RI ini dihadapan lebih 150 undangan terdiri dari tokoh masyarakat, alim ulama, ibu-ibu pengajian dan para pemuda serta santri tersebut, dalam mengamalkan Pancasila kita tidak perlu harus menjadi aparat atau pejabat negara.

“Kita dapat mengamalkan sila-sila dalam Pancasila kehidupan sehari-hari baik itu dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun pergaulan di masyarakat,” kata laki-laki kelahiran Lebak, 10 Oktober 1984 tersebut.

Dalam sosialisasi Empat Pilar MPR kali ini, Hasbi Asyidiki lebih menitikberatkan kepada Persatuan Indonesia sebagai sila ketiga dari Pancasila. Maksud dari Persatuan Indonesia di sila ini adalah, sebagai anak bangsa yang terdiri dari berbagai macam suku, golongan, bahasa, adat istiadat dan agama tidak terpecah belah. “Kita bersatu dalam kebulatan yang utuh dan serasi dalam keberagaman.”

Persatuan Indonesia dalam pengertian modern, kata Hasbi Asyidiki, disebut nasionalisme yakni perasaan satu sebagai suatu bangsa, satu dengan seluruh warga yang ada dalam masyarakat.

“Jadi, nasionalisme adalah rasa cinta bangsa dan tanah air. Nasionalisme yang dinginkan adalah mengagungkan bangsa sendiri tanpa merendahkan bangsa lain. Sebab, kalau merendahkan bangsa lain berarti kita mengingkari sila kedua, yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab,” ingat dia.

Pada kesempatan itu, Hasbi memberikan contoh pengamalan sila Persatuan Indonesia dalam kehidupan sehari-hari seperti bersama membersihkan kelas atau rumah. Dalam skala lebih besar seperti gotong royong membersihkan lingkungan atau melakukan siskamling.

Selain melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Hasbi juga menyerahkan santunan secara simbolis kepada anak yatim. Ya, memang setiap melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR, Habis Asyidiki selalu memberi santunan kepada anak yatim termasuk ketika dia melakukan kunjungan ke konstituennya. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top