Polhukam

Disidik KPK, Idrus Marham Mundur sebagai Mensos

PARLEMENTARIA.COM – Meski Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum menetapkan dirinya sebagai tersangka, Idrus Marham mengundurkan diri sebagai Menteri Sosial (Mensos).

Langkah pengunduran diri yang diambil mantan Sekjen DPP Partai Golkar itu, karena dia optimis akan menjadi tersangka dalam kasus korupsi pembangunan PLTU Riau-1 di Provinsi Riau tersebut.

Namanya penyidikan sudah pasti tersangka,” kata Idrus di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (24/8/2018) siang usai menemui Presiden Jokowi untuk menyampaikan rencana pengunduran dirinya itu sebagai Mensos.

Menurut Idrus Marham, dia menerima surat panggilan penyidikan dari KPK hari Kamis. “Kemarin (Kamis -red) sudah pemberitahuan dimulainya penyidikan. Namanya penyidikan sudah pasti tersangka,” tambah Idrus.

Dengan alasan itulah, Idrus Marham mengundurkan diri sebagai Menteri Sosial yang baru dijabatnya lebih kurang 7 bulan. Idrus Marham dilantik jadi Mensos pertengahan Januari 2018 menggantikan Kofifah Indarparawangsa yang mengundurkan diri karena ikut Pilkada Jawa Timur.

Idrus Marham tidak ingin kasus hukum yang menimpa dirinya menjadi beban bagi Presiden Jokowi. “Agar penyidikan ini tidak menjadi beban bagi Presiden dan mengganggu konsentrasi Presiden dalam tugas sehari-hari,” kata Idrus Marham beralasan.

Sebagai warga negara yang taat hukum, jelas Idrus, dia sepenuhnya menghormati proses hukum yang dijalankan oleh KPK dan dia ingin berkonsentrasi mengikuti proses hukum di KPK sesuai aturan yang berlaku.

Idrus Marham terserat kasus dugaan korupsi atau suap terkait kasus kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1 di Provinsi Riau dengan tersangka Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih.

Eni Saragih ditangkap KPK di rumah dinas Idrus Marham 14 Juli 2018 lalu. Terkait penangkapan dan status tersangka Eni Saragih yang juga politisi Partai Golkar itu, Idrus Marham sudah dipanggil oleh KPK beberapa kali sebagai saksi dan terakhir haru tanggal 15 Agustus lalu. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top