Polhukam

Jokowi Akhirnya Pilih Ma’ruf Amin Jadi Cawapres

PARLEMENTARIA.COM – Teka-teki siapa yang akan dipilih Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginnya dalam Pilpres 2019 terjawab sudah. Jokowi menjatuhkan pilihannya pada KH Ma’ruf Amin.

“Saya putuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari parpol Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai cawapres 2019-2024 Profesor Ma’ruf Amin,” kata Jokowi saat mengumumkan cawapresnya, di
yang mengumumkan cawapresnya pada Pilpres 2019. Ketum MUI resmi diumumkan jadi cawapres, di salah satu restoran, di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Pengumuman ini dihadiri oleh seluruh ketum parpol Koalisi Indonesia Kerja. Para pendukung Jokowi juga sudah berada di lokasi.

Nama Mahfud MD yang selama ini digadang-gadangan akan menjadi cawapres Jokowi, hilang last minut sebelum Jokowi mengumumkan cawapresnya.

Bahkan Mahfud yang juga hadir dalam pertemuan Jokowi dengan ketua umum partai koalisi pengusung Jokowi. Mengetahui dirinya yang disanding Jokowi, Mahfud menghilang dari lokasi.

Sinyal Ma’ruf menjadi cawapres sebelumnya ditunjukkan dengan kehadiran dirinya ke Istana, kemarin (8/8). Jokowi dan Ma’ruf juga beberapa kali terlihat bersama dalam acara keagamaan.

Alasan Jokowi memilih Ma’ruf Amin sebagai cawapresnya karena Ma’ruf Amin menjadi sosok melengkapi dirinya. “Kami saling melengkapi, Nasionalis-Religius,” kata Jokowi.

Jokowi berencana akan mendaftar ke KPU Jumat (10/8/2018) sebelum salat Jumat. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top