Polhukam

NU Pecah, KH Ahmad Rofiq Pilih Airlangga Cawapres Jokowi

NU Pecah, KH Ahmad Rofiq Pilih Airlangga Cawapres Jokowi

PARLEMENTARIA.COM– Ulama Nahdlatul Ulama (NU) tampaknya tidak satu kata dalam menentukan siapa yang mereka usulkan menjadi pendamping sang petahana, Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon wakil presiden pada pemilu serentak 17 April tahun depan.

Ada yang memberikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa(PKB), Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Tetapi tidak sedikit juga memilih di luar Ketua Umum PKB tersebut untuk mendampingi Jokowi sebagai cawapres untuk pilpres mendatang.

Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Tengah yang juga pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Futuhiyyah Ali Maskuri, KH Ahmad Rofiq misalnya. Ulama ini menganggap Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto lebih tepat untuk mendampingi Jokowi dalam pesta demokrasi sekali lima tahun tersebut,

“Ada gejolak ekonomi yang ditanggung Jokowi ke depan. Dengan didampingi Pak Airlangga sebagai cawapres, diharapkan bisa membantu Jokowi dalam menghadapi gejolak ekonomi itu,” kata KH Ahmad dalam siaran pers yang diterima Parlementaria.com, Senin (6/8).

Menurut KH Ahmad Rofiq, Airlangga bukan orang baru dilingkungan NU. “Saya sudah mengetahui Pak Airlangga itu muridnya KH Salim bin Jindan, Ciawi, Bogor. Artinya, beliau adalah seorang Nahdliyin tulen dan tidak diragukan lagi serta selayaknya didukung para kiai kampung. “Apalagi Pak Airlangga merupakan anak seorang menteri pada pemerintahan Orde Baru.”

Selain itu, lanjut Rofiq, jika dibandingkan tokoh yang muncul untuk disandingkan dengan Jokowi, Airlangga adalah menteri perindustrian itu justru lebih banyak diterima semua pihak dari pada yang lain. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top