Polhukam

Peringati Hari Pendidikan Nasional, MPR Gelar Pendidikan Pancasila

PARLEMENTARIA.COM– Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, MPR bekerjasama dengan Kaukus Pancasila DPR, Badan Pembinaan Ideologie Pancasila (BPIP) dan Yayasan Cahaya Guru menggelar Festival Pendidikan Pancasila di Gedung Nusantara V Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (2/5).

Kegiatan ini diikuti 12 sekolah dari berbagai daerah yang telah mempraktekkan Pancasila dalam keseharian. Ke-12 sekolah itu adalah SDN 1 Cisarua, SMA Siwalima Ambon, SMPN Pandak Bantul, Kanissius, Al Izhar, Semi Palar (Jabar), SMP Pawyatan (Kediri), TK-SMA Iskandar Muda (Medan), SMA Bakti (Ciamis), Qoriyah Thoyyibah (Salatiga), Sekolah Sanggar (Bantul), Al Muttaqien (Klaten).

Kepala Biro Humas MPR RI, Siti Fauziah di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (30/4) mengatakan, Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan memberikan sosialisasi Empat Pilar sekaligus membuka kehiatan ini.

Sementara BPIP memberikan kuliah umum Pancasila, di pembukaan festival yang dihadiri pimpinan MUI, PBNU, Muhammadiyah, pejabat dari Kemenag, Kemenko PMK dan Kemendikbud ini.

Kegiatan ini bentuk dari komitmen MPR RI terhadap pentingnya membumikan Pancasila terutama sebagai pembentukan karakter bangsa atau nation and carakter building melalui dunia pendidikan.

Selain menuliskan pengalaman, 12 sekolah model itu, MPR mengundang untuk presentasi dan mendirikan Booth untuk berbagi pengalaman. MPR juga bakal mengundang kepala sekolah dan siswa-siswi SLTP dan SLTA Jabotabek untuk berpartisipasi.

Diharapkan festival memberikan dampak positif berupa gerakan replikasi duplikasi maupun adopsi oleh sekolah-sekolah lain di Indonesia. Karena itu, MPR akan menginisiasi deklarasi komitmen pengajaran Pancasila oleh kepala-kepala sekolah yang diundang untuk berpartisipasi di festival. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top