Polhukam

Dinas Dukcapil Diminta Tak Keluarkan Suket

PARLEMENTARIA.COM – Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh mengingatkan dinas pendudukan dan catatan sipil tidak lagi mengeluarkan surat kererangan (Suket) karena bagi masyarakat yang sudah merekam langsung dicetak KTP elektroniknya.

“Sistem sudah berjalan dengan baik, KTP Elektronik bisa langsung dicetak. Saya minta pada rekan-rekan dinas dukcapil jangsn lagi terbitkan suket,” kata Zudan di Jakarta, Senin (9/4/2018).

Persoalan sekarang menurut Zudan, tingkat kesadaran masyarakat untuk melakukan rekam data kependudukan untuk mendapatkan KTP elektronik masih rendah.

“Kapasitas dukcapil merekam per hari 300.270, yang datang merekam hanya 52 ribu. ada keksongan 275 ribu orang yang biss merekam. Karena itu, saya minta masyarakat untuk berbondong-bondong ke Dinas Dukcapil atau jemput bola. itu solusinya,” ungkap Zudan.

Zudan mengatakan, semua Dinas Dukcapil didorong bisa menyelesaikan pembuatan KTP elektronik dalam satu jam selesai. Itu pun dengan catatan jika jaringan bagus, alat tersedia, tidak ada gangguan listrik dan tidak ada gangguan lain.

“Ini bs kita jalankan. Seperti yang diminta pak Menteri, kita jalankan, untuk memberikan ruang juga untuk daerah penduduk besar, di atas 3 juta seperti Bogor, mungkin satu jam tidak selesai, bisa 2 jam. Kalau di bawah 500 ribu, tidak ada gangguan satu jam bisa dicetak,” jelasnya. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top