Pengawasan

Tindak Tegas Bimbel Bocorkan Soal USBN

PARLEMENTARIA.COM – Ketua DPR Bambang Soesatyo mendesak pihak terkait untuk menindak tegas lembaga bimbingan belajar dan sekolah yang telah membocorkan soal dan kunci jawaban Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang menjadi temuan Ombudsman.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) setempat untuk menindaklanjuti temuan Ombudsman tersebut serta menindak tegas lembaga bimbel ataupun sekolah yang terbukti membocorkan soal ataupun kunci jawaban USBN,” tegas Bamsoet, di Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Penegasan itu disampaikan Bamsoet terkait terkait temuan Ombudsman tentang bocornya soal USBN dari tempat bimbingan belajar (bimbel) di DKI Jakarta dan Bekasi.

Bamsoet melalui Komisi III DPR (membidang hukum) meminta pihak Kepolisian untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap dugaan bocornya soal dan kunci jawaban USBN yang dilakukan oleh lembaga bimbel.

Melalui Komisi X DPR (membidangi pendidikan) Bamsoet Kemendikbud untuk melakukan evaluasi sistem USBN secara menyeluruh dengan memperketat pengawasan dalam pendistribusian soal didampingi oleh pihak Kepolisian, guna meminimalisasi terjadinya kebocoran soal ataupun kunci jawaban.

“Saya meminta Komisi X DPR mendorong Kemendikbud untuk memperketat pengawasan terhadap pelaksanaan USBN guna meningkatkan kredibilitas USBN serta mutu pendidikan,” katanya.

Dia juga meminta kepada pihak sekolah-sekolah untuk mematuhi Prosedur Operasi Standar yang telah ditetapkan dan tidak melakukan pelanggaran dalam pelaksanaan USBN.

“Saya juga mengimbau siswa dan siswi agar meningkatkan kepercayaan diri dengan belajar sungguh-sungguh dan tidak dengan mudah mempercayai pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dalam melakukan upaya penyebaran soal ataupun kunci jawaban palsu, mengingat pentingnya integritas tinggi dalam pelaksanaan USBN,” himbaunya. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top