Polhukam

Usung Prabowo, Kader Gerindra Tutup Pintu Buat Capres Lain

PARLEMENTARIA.COM– Para kader partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menutup pintu untuk calon presiden lain yang bakal maju pada pemilihan presiden (pilpres) 2019 termasuk mantan Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo.

Soalnya, partai berlambang Burung Garudra tersebut masih tetap menginginkanPrabowo Subianto maju menantang Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres mendatang.

Seperti diketahui, Prabowo yang juga Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum partai Gerindra menurut sejumlah lembaga survei memiliki elektabilitas tinggi dibanding calon lain, kecuali Jokowi sebagai petahana.

Seperti diketahui pada pilpres lalu terjadi head to head Prabowo-Jokowi yang membuat anak bangsa ‘terbelah dua’. Dalam head to head itu, Prabowo yang merasa memenangkan Pilpres kalah tipis dari Jokowi yang saat ini berkuasa.

Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla (JK) meraih suara 70.997.85 suara (53,15 persen). Jumlah itu berselisih 8.421.389 suara dari pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, yang meraih 62.576.444 suara (46,85 persen).

Namun, banyak pihak yang merasa pasangan Prabowo-Hatta dicurangi dalam Pilpres itu termasuk para pendukung Prabowo-Hatta. Tak salah kiranya kalau Prabowo-Hatta melakukan protes yang berujung di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua DPP Gerindra Habiburokhman kepada awak media, Sabtu (17/3) mengatakan, alasan partainya tidak mungkin mengusung calon lain termasuk Gatot lantaran yang terakhir berlatanr belakang sama dengan Prabowo Subianto, sang Ketua Umum dan Ketua Dewan Pembina Gerindra.

Menurut Habiburokhman, untuk pasangan di pilpres, butuh perpaduan latar belakang antara capres dan cawapres. “Kan banyak ya, ada dari birokrat, alim ulama. Kalau dua-duanya militer itu akan dipertanyakan. Prabowo dipasangkan dengan siapa saja cocok. “Dengan TGB cakep,” kata dia.

Kader Partai Gerindra yang duduk di DPRD DKI, Prabowo Soenirman malah berpendapat beda dengan Habiburokhman. “Memang kader Gerindra masih Pak Prabowo kembali maju pada Pilpres nanti. Namun, tidak menutup kemungkinan akan bersama Gatot. Masih ada kemungkinan, tidak tertutup. Kita berharap Pak Prabowo maju lagi.” (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top