Polhukam

DPR: Banyak Kesamaan Indonesia-Kazakhstan Dapat Dimanfaatkan Kedua Negara

PARLEMENTARIA.COM– Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen DPR RI, Damayanti banyak kesamaan dan potensi antara Indonesia dengan Kazakhstan yang dapat dimanfaatkan menjadi komitmen kedua negara dalam meningkatkan kerjasama di berbagai bidang.

Hal tersebit disampaikan Damayanti saat menerima kunjungan Duta Besar Kazakhstan Askhat Orazbay beserta tim advance di Gedung Sekjen DPR RI Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (6/3).

“Kazakhstan merupakan salah satu negara yang sering dikunjungi anggota DPR RI. Selain indah, juga banyak hal-hal yang bisa dipelajari di sana. Dan, a kebetulan warganya banyak muslim seperti di indonesia,” kata Damayanti.

Damayanti yang akrab disapa Maya mengatakan kepada Dubes Kazakhstan terkait rencana kunjungan delegasi parlemen 12-14 Maret ini dalam rangka mempererat hubungan kerja sama kedua negara.

“Substansinya sedang dipelajari Kepala Biro Kerja Sama Antar Parlemen. Kami juga sedang membahas dengan pihak Kemlu, pihak Kazakhstan dan parlemen Indonesia. Nanti kita lihat apakah ada MoU antara kedua negara ini,” kata Maya.

Beberapa kegiatan yang menjadi agenda mendatang diantaranya culture tour dan official visit. Dalam culture tour delegasi akan diajak mengenal budaya Indonesia dengan megunjungi beberapa objek wisata di Jakarta seperti Taman Mini, Monumen Nasional, dan Museum.

Sementara dalam official visit delegasi akan bertemu dengan ketua DPR dan ketua MPR untuk membahas hubungan bilateral kedua negara, dan sebagai penutup akan dilangsungkan makan malam bersama dengan Ketua DPR RI.

Indonesia-Kazakhstan telah menjalin kerja sama akhir 1991 dan memutuskan untuk membentuk hubungan diplomatik 2 Juni 1993. Kerja sama itu meliputi penanggulangan terorisme, pemberantasan peredaran narkoba, hukum, perdagangan, investasi, kesehatan, pendidikan dan kebudayaan. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top