Peristiwa

ATR Aseman Airlines Jatuh di Zagros, Iran, 66 Penumpang dan Awak Tewas

PARLEMENTARIA.COM– Dunia penerbangan sipil kembali berduka. Sebuah pesawat berpenumpang 66 orang termasuk awak pesawat dari maskapai swasta Iran, Aseman Airlines dilaporkan menabrak Gunung Zagros di Semirom, sekitar 620 km dari Teheran. Iran, Minggu (18/2).

Akibat peristiwa tersebut, tidak hanya badan pesawat hancur. Namun, 66 penumpang termasuk awak pesawat tidak ada yang selamat. Dan, ini adalah kecelakaan udara terburuk dunia penerbangan tahun ini.

Dilansir kantor berita AFP, Direktur Humas Aseman Airline, Mohammad Tabatabai menyebutkan, 66 orang tewas. Mereka terdiri dari penumpang dan awak pesawat. “Kami diinformasikan bahwa pesawat telah mengalami kecelakaan,” kata Mohammad Tabatabai.

Dikatakan, pesawat naas tersebut dalam penerbangan menuju kota kecil Yasuj, di provinsi Isfahan dari Teheran. Iran Front News mewartakan, pesawat ATR itu berusia 20 tahun, serta sudah hilang dari radar sekitar 50 menit setelah lepas landas dari Bandara Mehrabad.

Sebelumnya, kepala komisi keamanan nasional dan kebijakan luar negeri Iran Aladin Borujerdi menyebutkan, pesawat ATR milik Aseman Airlines dengan 60 penumpang dan sekitaran 6 awak kapal menghilang dari radar, Minggu pagi waktu setempat. Namun, tidak dijelaskan apa penyebab dan di mana jatuhnya pesawat itu.

Juru bicara layanan darurat nasional Mojtaba Khaledi manyatakan kepada kantor berita ISNA, sebuah helikopter sudah dikirim ke daerah itu. “Mengingat fakta mengenai wilayah tersebut yang bergunung-gunung, tidak mungkin mengirim ambulans,” kata dia.

The Washington Post memberikan laporan cuaca cukup berkabut ketika kecelakaan berlangsung. Pihak berwenang juga akan menyelidiki insiden ini.
Di bawah sanksi internasional selama beberapa dekade, armada pesawat penumpang komersial Iran sudah menua dengan adanya kecelakaan udara dalam beberapa tahun terakhir. (art/afp)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top