Polhukam

Bamsoet Prihatin, 7 Kepala Daerah Ditangkap KPK selama Januari-Februari

PARLEMENTARIA.COM – Ketua DPR Bambang Soesatyo merasa prihatin dengan banyak kepala daerah yang terjerat kasus korupsi yang berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Berdasarkan catatan Bamsoet, begitu dia akrab disapa, ada 7 kepala daerah ditangkap KPK selama Januari hingga pertengahan Februari 2018. “Ini tentu memprihatinkan kita semua,” tulis Bamsoet dalam rilisnya, Jumat (16/2/2018).

Karena itu, dia mminta Komisi III DPR yang membidangi hukum untuk mendorong Pemerintah terus berkomitmen dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi, mengingat tingginya kasus korupsi jelang Pilkada 2018.

“Saya juga minta Komisi III DPR mendorong pemerintah mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai strategi pemberantasan korupsi dalam tiga tindakan terprogram, yaitu Pencegahan (Prevention), pendidikan masyarakat untuk menjauhi korupsi (Public Education), dan pemidanaan atas pelanggaran tindak pidana korupsi (Punishment),” tulisnya.

Kepada Komisi II dan XI, Bamsoet meminta untuk mendorong Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Badan Pengawasan Daerah (Bawasda) untuk secara fokus dan optimal melakukan pengawasan terhadap penggunaan keuangan Negara, terutama dana desa guna meminimalisasi adanya penyimpangan dan penyalahgunaan keuangan Negara.

Kemudian Bamsoet juga meminta Komisi II DPR mendorong Pemerintah untuk lebih mengefektifkan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Jangka Panjang Tahun 2012-2025 dan Jangka Menengah Tahun 2012-2014 agar dapat lebih mengerucut pada sistem pencegahan korupsi.

Bamsoet juga meminta Komisi II DPR mendorong Pemerintah untuk meminta para kepala daerah menerapkan e-government dalam hal e-planning, e-budgeting, e-procurement, e-payment, dan e-asset sehingga semuanya bisa dikontrol secara elektronik. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top