Polhukam

Jazuli Angkat Jempol Buat Aksi Heroik TNI Bebaskan Sandera di Timika

PARLEMENYARIA.COM–Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Jazuli Juwaini mengangkat jepol kedua tangannya atas keberhasilan aparat keamanan membebaskan 1.300 warga yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Desa Kimbely dan Banti, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Seperti diberitakan, sejak pekan lalu, KKB menyandera lebih 3.000 warga di kedua desa itu. Mereka tidak boleh keluar sehingga sandera sempat kekurangan bahan makanan.

“Aparat keamanan khususnya TNI bergerak cepat untuk membebaskan sandera. Syukur dan hebatnya, tidak satu juga sandera terluka dalam pembebasan yang dilakukan para prajurit terpilih itu,” kata Jazuli kepada Parlementaria.com, Sabtu (18/11).

Dikatakan anggota Komisi I DPR RI yang membidangi pertahanan tersebut, aparat keamanan gabungan TNI dan Polri sudah mengevakasi 347 warga. Aparat juga menjamin keamanan lebih dari 1000 orang yang tetap menetap di kedua desa tersebut.

Dikatakan wakil rakyat dari Dapil Provinsi Banten III ini, aksi heroik itu dilakukan setelah TNI AD dari satuan Kopasus dan Raider berhasil memukul mundur anggota KKB.

“Terima kasih TNI/Polri atas keberhasilan membebaskan sandera tanpa ada korban jiwa baik dari pihak sandera mapun warga. Keberhasilan tersebut menegaskan bahwa negara tidak kalah melawan teror,” tegas Jazuli.

Selanjutnya, kata Jazuli, aparat keamanan baik itu TNI maupun Polri harus memastikan dan menjamin keamanan warga yang menetap di dua desa tersebut. Selain itu, upaya melumpuhkan kelompok teror KKB tidak boleh kendor.

Dikatakan, upaya melumpuhkan kelompok teror KKB harus dilakukan secara efektif dengan zero korban jiwa baik itu dari pihak aparat keamanan mapun masyarakat.

Selain itu, anggota KKB yang menyerahkan diri dan kembali ke pangkuan NKRI bisa diampuni setelah melalui proses hukum.

Tentu upaya ini tidak mudah dan kompleks serta membutuhkan upaya komprehensif mengatasi masalah yang selama ini terjadi di Papua termasuk menghentikan atau memutus dukungan atas kelompok sparatis teroris ini.

“Sekali lagi, negara tidak boleh kalah melawan teror apalagi yang jelas-jelas mengancam kedaulatan NKRI. Saya yakin TNI/Polri mampu!,” demikian Jazuli Juwaini. (art)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top