Pengawasan

Hetifah Tawarkan Kepulauan Darmawan Tujuan Wisata Alternatif

PARLEMENTARIA.COM– Gempa berulang kali terjadi telah meluluh lantakan kehidupan masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sehingga dunia parawisata Pulau Seribu Masjid tersebut ikut terpukul.

“Hal tersebut menjadi perhatian Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan, pemuda, olahraga, kebudayaan parawisata dan ekonomi kreatif tersebut,” kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifaf Sjaifudian kepada Parlementaria.com, Kamis (29/8).

Bahkan Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Ukus Kuswara menyebut, pemerintah telah melakukan berbagai upaya mitigasi bencana terhadap gempa Lombok.

“Kita telah menyusun dan melakukan tahapan mitigasi. Tahap tanggap darurat, tahap rehabilitasi, dan normalisasi. Untuk pemulihan akibat bencana, Kemenpar telah mengeluarkan dukungan anggaran sebesar 17 miliar yang digunakan untuk pemulihan pariwisata Lombok,” kata Ukus saat Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi X DPR RI pekan ini.

Ya, bencana alam memang datang tidak terduga. Karena itu, Komisi X DPR menyarankan agar Kemenpar mempertimbangkan untuk membentuk destinasi pariwisata alternatif guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara.

Kabupaten Berau di Kalimantan Timur (Kaltim) memiliki keindahan pantai yang bisa menjadi alternatif menggantikan Lombok. “Mungkinkah wisatawan di Lombok ini bisa dialihkan ke Berau. Karena Berau punya banyak kemiripan dengan Lombok,” kata Hetifah.

Para pelancong manca negara yang memang menyukai wisata bahari, bisa dialihkan ke Kepulauan Derawan. Pulau ini memiliki keindahan pantai yang luar biasa. “Bahkan di perairan Kepulauan Derawan ada Hiu Tutul juga Labuhan Cermin,” terang Hetifah.

Hetifah yang juga wakil rakyat dari Dapil Provinsi Kaltim ini mengusulkan agar pemerintah mendorong adanya penerbangan langsung ke Berau. Saat ini penerbangan ke Berau harus transit di Bandara Sepinggan, Balikpapan.

Di Berau, kata politisi senior Partai Golkar ini, juga sudah ada Bandara. Tetapi kalau mau ke Berau, masih melalui Balikpapan. “Mungkin turis-turis asing tidak suka transit dan menginginkan penerbangan langsung.”

Menanggapi usul dan tawaran Hetifah, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar, Dadang Rizki Ratman mengatakan bahwa Kabupaten Berau akan masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top