Kesra

Kurikulum Madrasah Indonesia Dilirik Negara Lain

PARLEMENTARIA.COM  – Madrasah sebagai sekolah umum berciri khas Islam kini mulai berkembang, bahkan kurikulum madrasah di tanah air mulai dicontek negara lain, seperti Philipina. Demikian dikemukakan Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Mohammad Isom kepada pers di Jakarta, Jumat (23/3).

 

“Agenda tahun ini, pengembangan kurikulum madrasah di luar negeri, di Philipina kurikulum madrasah sama dengan kita. Kurikulum kita juga dilirik Sudan,” kata Isom didampingi Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kemenag Mastuki, Kasubdit  Kurikulum dan Evaluasi pada Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ahmad Hidayatullah, Kasubdit Kelembagaan  Irhas sobirin,  Kasubdit Kesiswaan Abdullah Faqih dan Kasubdit Sarana dan Prasarana Abdullah Alkholis.

 

Ishom memaparkan, saat ini jumlah peserta didik di lingkungan madrasah terdiri dari Raudhatul Athfal sebanyak 1.231.101 siswa, Madrasah Ibtidaiyah Negeri sebanyak 474.409 siswa, Madrasah Ibtidaiyah Swasta 3.091.466 siswa, Madrasah Tsanawiyah Negeri 746.493 siswa, Mdrasah Tsanawiyah Swasta 2.414.192 siswa, Madrasah Aliyah Negeri 415.074 dan Madrasah Aliyah Swasta 879.702 siswa.

 

“Madrasah lebih banyak yang swasta, pada tahun ini ada 1.500 madrasah yang diusulkan ke MenPAN untuk dinegerikan, tapi yang definitif 27 madrasah, yang lain masih verifikasi,” kata Isom.

 

Sementara Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi pada KSKK Madrasah Ahmad Hidayatullah mengungkapkan, siswa Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) akan menghadapi Ujian Nasional (UN) pada April 2018. Tahun ini, siswa madrasah juga akan menjalani Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) yang akan digelar 26-31 Maret untuk Madrasah Aliyah dan 2-6 April bagi siswa Madrasah Tsanawiyah.

 

UAMBN adalah ujian ciri khas kemadrasahan. Ada lima mata pelajaran yang berciri khas Islam. Lima mata pelajaran tersebut di antaranya, Pelajaran Alquran dan Hadist, Akidah dan Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa Arab. (ks)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top