Kesra

Kemenag Gelar Bahtsul Masa’il Haji Zaman Now

PARLEMENTARIA.COM – Direktorat Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama menggelar Bahtsul Masa’il Perhajian Masa Kini di Jakarta, 20-23 Maret 2018. Kegiatan ini untuk memperolah rumusan strategis dan jawaban atas berbagai persoalan perhajian dan umrah masa kini.

 

Dirjen PHU Nizar Ali dalam sambutan pembukaan acara berharap, bahtsul masa’il ini selain menghasilkan rumusan strategis dan jawaban atas berbagai persoalan perhajian dan umrah masa kini, sekaligus menyambung tali silaturahmi antara generasi pendahulu dengan generasi sekarang yang mungkin saja tidak begitu memahami filosofi perhajian yang sebenarnya.

 

“Sekaligus dapat menjawab tantangan problematika dan dinamika perhajian akhir-akhir ini,” terang Nizar Ali. Hadir dalam pembukaan, Direktur Bina Haji  Khoirizi H. Dasir dan Kasubdid Bina Jemaah Endang Jumali. Kegiatan yang akan berlangsung tiga hari diikuti perwakilan ormas Islam, mulai dari MUI, NU, Muhamadiyah, dan Persis. Hadir juga Forum Kelompok Bimbingan, Asosiasi Penyelenggara Haji dan Umrah, serta perwakilan Bidang Haji Kanwil Kemenag Probinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

 

Direktur Bina Haji Khoirizi mengatakan bahwa bahtsul masa’il ini kali antara lain akan membahas  dinamika pembacaan doa manasik haji dan umrah selain doa-doa yang sudah ma’tsur (berdasarkan riwayat).

 

“Pada hari kedua, kami akan membahas desain dan pola bimbingan manasik berbasis bimbel. Kami juga akan membahas sistem silabus dàn kurikulum bimbingan manasik Kementeriaan Agama dan kelompok bimbingan ,” ujarnya.

 

Selain Dirjen PHU Nizar Ali, sejumlah narasumber pada bahtsul masa’il ini adalah Ahmad Kartono (mantan Direktur Bina Haji),   Asrorul Ni’am Sholeh (Komisi Fatwa MUI), Ali Rohmad (Karo Perencanaan),  serta Aceng Fatru?rahman dan Khoirizi H. Dasir. (ks)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top