Pengawasan

Komisi III DPR Loloskan Kembali Arief Hidayat Jadi Hakim MK

PARLEMENTARIA.COM – Komisi III DPR RI meloloskan kembali atau menyetujui Arief Hidayat yang kini menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) untuk hakim MK periode kedua. Keputusan diambil setelah dilakukan fit and proper test, Rabu (6/12/2017).

“Komisi III menyetujui saudara Arief Hidayat untuk dicalonkan kembali menjadi hakim Mahkamah Konstitusi (MK) setelah melalui fit and proper test dari anggota Komisi III dan Tim panel Ahli,” ujar pimpinan rapat, Trimedya Panjaitan.

“Pak Arief disetujui atas pertimbangan jam terbangnya, integritas serta keputusan-keputusan yang telah diambilnya, makanya kami mengaggap dia mampu menjaga NKRI,” ulas Trimedya.

Dari 10 fraksi yang hadir, sembilan menyatakan setuju dan hanya fraksi Fraksi Partai Gerindra yang menolak adanya fit and proper test dengan alasan satu calon.

Wakil Ketua Komisi III dari Fraksi Gerindra Desmond Junaidi Mahesa menyatakan menolak, pasalnya uji kelayakan dan kepatutan akan percuma jika hanya dilakukan terhadap satu calon. “Fraksi Gerindra menolak karena cuma satu calon. Dan kami mengusulkan pendaftaran calon,” ujar Desmond.

Ia menyatakan tidak keberatan jika Arief mengikuti uji kelayakan dan kepatutan untuk perpanjangan masa jabatannya sebagai hakim MK. Namun, pihaknya menginginkan ada calon selain Arief agar prosesnya lebih transparan.

Apalagi, Komisi III telah menunjuk empat panel ahli untuk menilai kinerja dan profesionalitas Arief selama menjadi hakim MK. ”Karena kalau satu calon apa gunanya panel ahli,” tegas.

Meski mendapat penolakan dari Fraksi Partai Gerindra dan rapat sempat diskor, akhirnya uji kelayakan dan kepatutan terhadap Arief tetap dilakukan dengan hasil menyetujui Arief Hidayat kembali menjadi hakim MK.

Arief Hidayat mengucapkan syukur dan terimakasih kepada Komisi III DPR karena telah dipercaya kembali menjadi hakim konstitusi. “Syukur Alhamdulillah saya dipercaya dan dipilih kembali sebagai hakim konstitusi. Saya akan menjaga konstitusi NKRI sebaik-baiknya dan seluruhnya,” janji Arief.

Ketua MK ini juga meminta agar publik dan anggota Komisi III tidak segan untuk memberikan kritik kepadanya bila ke depan ia melakukan hal-hal yang dianggap kurang pas. “Saya mohon kritik dan saran dari rekan-rekan supaya saya bisa menjalankan amanah ini. Semoga Allah memberikan yang terbaik,” pungkasnya. (esa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top