Pengawasan

Ketua Pansus: Jangan Kaitkan Pemanggilan Pimpinan KPK Dengan Kasus Setya Novanto

PARLEMENTARIA.COM– Ketua Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) DPR RI, Agun Gunanjar Sudarsa berharap lembaga anti rusuah tersebut koomporatif dan akomodatif memenuhi panggilan.

Dengan begitu, kata politisi senior Partai Golkar ini kepada sejumlah awak media usai Rapat Pansus Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (16/11), pihaknya bisa menyelesaikan tugas sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

“Kita berharap masa sidang kali ini tugas Pansus tuntas. Harusnya KPK paham bahwa proses hukum tidak menghalangi layanan termasuk tugas dewan dalam melakukan pengawasan. Karena itu, kita sedang menyiapkan surat pemanggilan,” kata Agun.

Lebih jauh Agun enggan mengaitkan pemanggilan pimpinan KPK itu dengan kasus yang dialami Ketua DPR RI sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto. “Jangan kaitkan. Tidak ada hubungannya. Ini adalah tugas dewan,” kata dia mengomentari surat panggilan yang bakal dilayangkan ke pimpinan KPK tersebut.

Agun menjelaskan, rapat Pansus hanya membahas agenda internal di awal masa sidang. “Memang dalam jadwalnya hari ke-2 setelah pembukaan masa sidang, seluruh alat kelengkapan dewan diwajibkan mengadakan rapat internal. Itu kan menjalankan tata tertib, jadi nggak usah dikaitkan dengan fenomena kondisi saat ini. Kejadian tidak ada kejadian Pansus akan bekerja,” pinta Agun.

Dalam rapat tersebut, lanjut wakil rakyat dari Dapil Jawa Barat ini, anggota Pansus sudah sepakat untuk memanggil kembali pimpinan KPK terkait hasil temuan-temuan Pansus beberapa waktu lalu.Paling tidak, ada empat aspek yang perlu dikonfirmasi kepada KPK.

“Kami sudah melakukan rapat internal dan konsultasi dengan pimpinan DPR Pak Fahri. Kami sepakat akan memanggil (KPK) terkait hasil temuan. Ada empat aspek. Temuan-temuan hasil penyelidikan harus konfirmasi kepada KPK dengan segala kewenangannya yang diatur dalam UU KPK,” demikian Agun Gunandjar Sudarsa. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top