Kesra

Media Berperan Meningkatkan Kedaulatan Rakyat

PARLEMENTARIA.COM – Kemerdekaan pers adalah,sarana masyarakat untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi guna memenuhi kebutuhan hakiki dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Pers atau media baik cetak maupun elektronik mempunyai peran dalam meningkatkan kedaulatan rakyat.

 

Demikian dikemukakan Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar dalam acara launching KPK online dan PK TV di Gedung Joeang 45 Jakarta, Sabtu (1/9/2018) malam. “Negara ini yang berdaulat kan rakyat, media memiliki peran dalam meningkatkan kedaulatan rakyat,” ujar Bahtiar.

 

Bahtiar yang merupakan pria asal Bone, Sulsel yang mengaku  dengan kalangan jurnalis sejak menjabat Kasubdit Ormas Ditjen Polpum Kemendagri mengemukakan, pada masa kini dimana masyarakat semakin cerdas, dan organisasi kepemerintahan semakin terbuka maka pers harus lebih memberi informasi yang mencerahkan dan dapat dipercaya.

 

“Dulu pejabat kalua diperlihatkan kartu pers saja sudah gemetar, sekarang dengan keterbukaan pemerintah kalau memang tidak ada masalah ya biasa saja. Untuk itu pers harus bisa meyakinkan bahwa medianya bias dipercaya,” ujarnya.

 

Sementara Pemimpin Umum Koran Pemberantas Korupsi (KPK) Sayed Syaifullah mengungkapkan, dalam mewujudkan kemerdekaan pers itu,wartawan Indonesia juga menyadari adanya kepentingan bangsa,tanggung jawab sosial,keberagaman masyarakat,dan norma-norma agama.

 

Dalam melaksanakan fungsi,hak,kewajiban dan peranannya,pers menghormati hak asasi setiap orang,karena itu pers dituntut profesional,beretika,berwawasan,dan terbuka untuk dikontrol masyarakat. Untuk menjamin kemerdekaan pers dan memenuhi hak publik untuk memperoleh informasi yang benar,wartawan Indonesia memerlukan landasan moral dan etika profesi sebagai pedoman operasional dalam menjaga kepercayaan publik dan menegakkan integritas serta profesionalisme.

 

Atas dasar itu,wartawan Indonesia menetapkan dan menaati Kode Etik Jurnalistik dan perpedoman kepada Undang-Undang Pokok Pers Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Kemerdekaan Pers. (KS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top