Kesra

IKA-BKPRMI dari Masjid untuk Umat yang Bermartabat

PARLEMENTARIA.COM – Masjid adalah rumah tempat ibadah umat Islam atau Muslim, secara khusus sebagai tempat beribadah kepada Allah SWT, khususnya untuk mengerjakan shalat. Peran dan fungsi masjid, khususnya yang ada di Indonesia, bisa pula  menjadi sumber peradaban yang baik serta  meningkatkan kemakmuran umat, sehingga menjadi umat yang kuat, hebat dan bermartabat.

 

Ikatan Keluarga Alumni Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (IKA-BKPRMI) sebagai bahagian dari umat yang berupaya memakmurkan masjid di Tanah Air pada hari Sabtu, 31 Maret 2018  menghelat beberapa kegiatan, yaitu; Pemberian Anugerah IKA-BKPRMI 2018 kepada para tokoh nasional, launching produksi film “Symphony Ilahi Darul IQRA, san Simposium Nasional Ke-Bangsaan dan Ke-Indonesia.

 

Adapun penghargaan Anugerah IKA-BKPRMI 2018 diberikan kepada; DR (HC) H. Zulkifli Hasan, SE, MM, SH, MH (penghargaan khusus), Prof DR H. Mansyur Suryanegara, Almarhum KH Toto Tasmara, H. Abdurahman Tardjo, Almarhum KH As’ad Umam, Mayjen Purn. H Azwar Anas, Drs H Amidhan, Almarhum Hj. Nur Latifah Said dan H. Hutomo Mandala Putra.

 

Sedangkan Simposium Nasional Ke-Bangsaan dan Ke-Indonesia menghadirkan nara sumber; Prof DR H Mansur Suryanegara (Sejarawan) yang akan membahas “Peran Ulama dan Pemuda Masjid  Indonesia dalam Kemerdekaan Indonesia dan Pembangunan Bangsa”, DR H Adhyaksa Dault, SH, Msi (Ketua Kwarnas Pramuka) membahas “Konstalasi Hukum Ketatanegaraan Indonesia dalam Pembangunan Dakwah dan Pemberantasan Terorisme”.

 

Pada kegiatan yang berlangsung di Gedung Nusantara V Komplek Parlemen Senayan, Jakarta juga digelar  Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) IKA-BKPRMI serta Sosialisasi Empat Pilar. “Kegiatan akan dihadiri para pengurus IKA-BKPRMI Pusat maupun Wilayah serta para undangan,” kata Dr H. Andi Kasman Makkuaseng, Ketua Umum IKA-BKPRMI di Jakarta, baru-baru ini.

 

Ikatan Keluarga Alumni Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (IKA-BKPRMI) merupakan wadah mantan pengurus dan aktivis organisasi pemuda dan remaja masjid BKPRMI. IKA-BKPRMI sebelumnya bernama  Ikatan Alumni Pemuda Remaja Masjid Indonesia (IKA-PRIMA) berdiri tahun 2010, dengan ketua umum pertamanya H. Abdurrahman Tardjo SH

 

Pada Musyawarah Nasional Pertama IKA-PRIMA di Jakarta, 14 Januari 2017  ditetapkan perubahan nama organisasi ini menjadi Ikatan Alumni Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (IKA-BKPRMI).  Dr H. Andi Kasman Makkuaseng terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum IKA-BKPRMI periode 2017-2022.

Adapun BKPRMI berdiri pada tanggal 3 September 1977 atau 19 Ramadhan 1397 Hijriyah di Masjid Istiqamah Bandung, Jawa Barat oleh para aktifis pemuda masjid antara lain; Toto Tasmara,  Ahmad Mansur Suryanegara,  Syamsuddin Manaf, Bambang Pranggono, Nurcholis Turmudzi dan Anwar Ratnaprawira.  (ks)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top