Kesra

Indonesia Raih Juara MHQH Asia-Pasifik

PARLEMENTARIA.COM – Hafidz Alquran dan Hadis Indonesia kembali meraih juara pada musabaqah internasional, seperti pada penyelenggaraan Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadits (MHQH) tingkat Asia-Pasifik ke-10 tahun 2018. Peserta asal Indonesia berhasil meraih juara di empat bidang hafalan Alquran, yaitu: juara satu hafalan 30 juz, juara dua hafalan 15 juz, dan juara dua dan tiga hafalan 10 juz. Selain itu, peserta asal Indonesia juga memenangi seluruh kategori pada hafalan hadits.

 

Kepada para pemenang, panitia memberikan hadiah piala, uang serta berangkat ibadah haji pada tahun ini. “Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pangeran Khalid bin Sultan bin Abdul Aziz, Ketua Pembina Yayasan Sosial Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz yang terus berperan menyukseskan acara ini, serta kepada semua pihak yang berkontribusi pada kegiatan musabaqah ini sehingga dapat terlaksana dengan baik dan sukses,” kata Menag Lukman Hakim Saifuddin saat memberikan sambutan pada malam ramah tamah dan penutupan MHQH ringkat ASEAN-Pasifik, di Jakarta, Kamis (22/03) malam.

 

Selain peserta, hadir Pangeran Khaled Bin Sulthan Bin Abdul Aziz Alu Su’ud, Duta Besar Kerajaan Arab Saudi Untuk Indonesia Syekh Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi,  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

 

Muhammad Abdul Faqih (21) sebagai juara I pada kategori hafalan 30 juz mengaku tidak menyangka dirinya akan meraih juara I. “Alhamdulillah, saya tidak menyangka dapat juara I pada perlombaan MHQH ini,” kata Faqih usai menerima piagam penghargaan.

 

Penghafal Alquran asal Semarang ini mengaku  bahwa dirinya sudah menghafal Alquran sejak umur 8 tahun. Pada umur 11 tahun,  sudah menghafal Alquran 30 Juz. “Saya menghahafal Alquran sejak umur 8 tahun dan sudah hafal 30 juz pada umur 11 tahun,” ungkapnya. Ia kini tengah belajar di Ma’had Aly Ponpes Krapyak Jogjakarta mengambil jurusan Tafsir Hadis, setelah tamat di Madrasah Tsanawiyah dan  Madrasah Aliyah di Ponpes Al Falah Ploso Kediri Jawa Timur.

 

Torehan prestasi Alhafidz Muhammad Abdul Faqih ini sudah diukirnya sejak 2015. Saat itu, Faqih mewakili KabupatenSemarang untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Jawa Tengah dan kembali menjadi juara I. Keberhasilan ini membawanya mewakili Jawa Tengah pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVI tingkat nasional di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Juli 2016 dan berhasil merebut juara II.

 

Pada tahun 2017 lalu, Faqih juga mengikuti  ajang Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) tingkat Internasional di Masjidil Haram yang digelar di kompleks Baitullah, Arab Saudi. Dia berhasil meraih juara III. Juara I diraih hafiz asal Bangladesh, sedang juara II diraih hafiz dari Nigeria. (ks)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top