Kesra

Jamaah Haji dan Umrah Agar Fokus Ibadah

PARLEMENTARIA.COM- Kasubdit Bimbingan Jamaah Kementerian Agama (Kemenag) Endang Jumali, mengimbau agar para jamaah haji maupun umrah tetap pada tujuan utama ibadah. Ia berharap kejadian jamaah umroh asal Indonesia yang mengikrarkan Pancasila saat melakukan sa’i, dan bernyanyi sambil sa’i tidak terulang lagi.

 

“Kami selaku Kemenag tentunya tidak pada posisi menghukumi salah atau tidak, akan tetapi sebagai regulator tentunya kami mengimbau agar para jamaah tetap pada tujuan utama dari ibadah itu sendiri,” kata Endang usai menutup acara  Bahtsul Masa’il Perhajian Masa Kini di Hotel Sofyan Betawi Jakarta, Kamis (22/3) sore.

 

Dia menuturkan, jamaah seharusnya beribadah sesuai pedoman dari Kemenag yakni buku manasik yang memuat doa dan zikir. “Kami juga sudah mengedarkan surat edaran kepada para KBIH atau travel agar tetap berpedoman pada prosedur,” ujarnya.

 

Adapun rekomendasi Bahtsul Masa’il yang diikuti perwakilan ormas Islam, mulai dari MUI, NU, Muhamadiyah, dan Persis, serta Forum Kelompok Bimbingan, Asosiasi Penyelenggara Haji dan Umrah, antara lain; agar para pembimbing ibadah mematuhi pedoman dari Kemenag yakni buku manasik yang memuat doa dan zikir.

 

“Kami juga berharap sinergitas antara Ditjen PHU Kemenag dengan KBIH terus terjalin, agar kebijakan kita berjalan baik, tidak ada istilah skat,” ujar Endang Jumali.

 

Sebelumnya Dirjen PHU Nizar Ali dalam sambutan pembukaan acara berharap, bahtsul masa’il ini selain menghasilkan rumusan strategis dan jawaban atas berbagai persoalan perhajian dan umrah masa kini, sekaligus menyambung tali silaturahmi antara generasi pendahulu dengan generasi sekarang yang mungkin saja tidak begitu memahami filosofi perhajian yang sebenarnya.

 

Selain Nizar Ali, sejumlah narasumber pada bahtsul masa’il ini adalah Ahmad Kartono (mantan Direktur Bina Haji),   Asrorul Niam Sholeh (Komisi Fatwa MUI), Ali Rohmad (Karo Perencanaan),  serta Aceng Faturrahman dan Direktur Bina Haji Kemenag Khoirizi H. Dasir. Kegiatan diakhiri dengan penandatangan fakta integritas bimbingan jamaah haji oleh peserta. (ks)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top