Profil

Sang Grand Master itu Kini Duduki Kursi Wakil Ketua DPR

PENAMBAHAN satu kursi Pimpinan DPR berdasarkan UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) membawa keberuntungan tersendiri bagi Utut Adianto.

Pecatur Grand Master itu mendapat kepercayaan dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri untuk menduduki kursi Wakil Ketua DPR yang memang menjadi jatah PDI Perjuangan tersebut.

Utut Adianto secara resmi menduduki kursi Wakil Ketua DPR dia mengucapkan sumpah janji jabatan yang dipandu Ketua Mahkamah Agung RI Hatta Ali, dalam Rapat Paripurna DPR, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (20/3/2018).

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” demikian bagian bunyi sumpah jabatan yang diikratkan Utut.

Utut Adianto mengawali perjalanan politiknya dengan bergabung menjadi kader di PDIP dan terpilih menjadi anggota DPR-RI periode 2009-2014. Kemudian pada Pemilu 2014, dia kembali terpilih kembali menjadi anggota DPR periode 2014-2019.

Sesuai dengan keahlian di bidang olahraga, PDIP menempatkan dia di Komisi X yang salah satunya membidang olahraga. Bahkan Utut dipercaya duduk di Pimpinan Komisi X.

Utut juga aktif berorganisasi mengurusi percaturan nasional Indonesia. Selain menjadi Executive Member dari federasi catur international, (FIDE) di tahun1995, Utut mendirikan Koperasi Atlit Catur dan aktif di Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI).

Bahkan dia sempat menjabat menjadi Wakil Ketua Umum PERCASI (2003-2009) dan segudang jabatan penting di organisasi catur international dan regional. Utut juga banyak membantu Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di 2007. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top