Kesra

Rakornas Pendis: Menag Minta Laporan Madrasah Tak Layak

PARLEMENTARIA.COM – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka rapat koordinasi nasional (Rakornas) Pendidikan Islam 2018  di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (14/3). Rakornas yang dihadiri sejumlah pejabat tinggi dan aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Agama mengangkat tema ‘Wajah Baru Pendidikan Islam: inovatif dan kompetitif’.

 

Dalam sambutannya Menag Lukman  meminta kepada para pemangku kepentingan untuk dapat mensurvei madrasah yang sudah tidak layak di Indonesia.  “Sampaikan segera kepada saya mana-mana saja madrasah yang dindingnya jelek, biliknya rusak, yang gak layak disebut madrasah. Karena pendidikan tarbiyah dan madrasah merupakan upaya membumikan nilai ketuhanan. Maka sarana dan prasarana harus layak,” kata dia.

 

Selanjutnya, melalui Rakornas ini Lukman juga meminta data pondok pesantren, madrasah, dan guru, itu bisa dimiliki dengan baik. “Saya ingin pesan bahwa kita yang hadir di sini adalah orang pilihan, istimewa yang tidak hanya dipilih negara tapi dipilih Tuhan untuk melayani umat beragama di tanah air dan negara yang sangat religius Indonesia,” ujarnya.

 

Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin menyatakan, Rakornas Pendidikan Islam 2018 ini diikuti sekitar lebih dari 761 peserta. Mereka terdiri dari Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota se Indonesia, para Kepala Biro PTKIN, dan segenap pejabat eseleon I, II, III dan IV Direktorat Pendidikan Islam .

 

“Rakornas kali ini akan membahas dan mengkonsolidasikan program strategis nasional dan prioritas pendidikan Islam ke seluruh Indonesia, serta mensinergikan program pusat dan daerah terkait pendidikan Islam,” kata Kamarudiin.

 

“Ini program para direktur,  kepala bagian dan kasubdit untuk  bersama-bersama berkomunikasi dan berdialog secara intens agar program dapat berjalan dengan baik.  Merekalah  eksekutor di lapangan. Jadi mereka harus paham betul bagaimana program strategis dan program nasional  kita,” jelas Kamaruddin. (ks)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top