Ekonomi

Beri Pelatihan, Hetifah Dukung Peningkatan Wirausaha Baru di Kalimantan Timur

PARLEMENTARIA.COM– Pemerintah dan DPR RI mendukung peningkatan jumlah wirausaha baru di Indonesia. Pasalnya, meski mengalami kenaikan, jumlah wirausaha Indonesia masih tertinggal dibanding negara-negara tetangga.

Itu diungkap anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Timur, Hetifah Sjaifudian dalam acara Pelatihan Kewirausahaan melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) buat kelompok masyarakat marginal. Acara digelar Senin-Selasa pekan ini di Balikpapan, kalimantan Timur.

Dalam acara itu, Hetifah menyampaikan, dalam upaya meningkatkan kuantitas pelaku wirausaha, DPR telah membahas Rancangan Undang-Undang tentang Kewirausahaan Nasional. RUU itu nantinya bakal memudahkan akses masyarakat untuk menjadi wirausaha pemula.

“DPR secara khusus telah membuat pengaturan dalam RUU Kewirausahaan Nasional diantaranya membuka kesempatan berwirausaha dengan menetapkan suatu rencana induk yang komprehensif dan integratif tentang Kewirausahaan Nasional, hingga membuat aturan pemberian insentif khusus bagi pelaku wirausaha, terutama wirausaha pemula.”

Politisi senior Partai Golkar ini menyadari bahwa tantangan terberat melahirkan palaku wirausaha sangat banyak diantaranya adalah cara berpikir masyarakat yaitu mencari pekerjaan setelah selesai sekolah/kuliah, masih perlu peningkatan kapasitas wirausaha dan masalah klasik tentang sulitnya akses permodalan terutama wirausaha pemula.

Dengan pelatihan ini, ia berharap lahir pelaku wirausaha baru di Kaltim. “Pelatihan ini menjadi modal untuk mewujudkan SDM wirausaha nasional dan Kaltim yang tangguh,” lanjut Hetifah.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Perdagangan Kota Balikpapan, Doortje Marpaung mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut. Bahkan berharap sinergi kegiatan tersebut dapat terus dilakukan.

Pelatihan ini diikuti 40 orang dari anggota Koperasi Ronggo Hadi Balikpapan. Acara ini disambut baik peserta. Mereka tampak antusias mengikuti pelatihan. Ketua Koperasi Ronggo Hadi, Musa Ayari misalnya, menyebut acara ini bermanfaat bagi peserta dan bisa mendorong lahirnya pelaku wirausaha baru.

“Bagi kita yang sudah berusaha, mari kita tingkatkan. Untuk yang mau mulai, pelatihan ini adalah motivasi kita bersama. Materi yang sudah diberikan menjadi pemicu kita untuk berkembang,” ucap Musa.

Hal senada juga dikemukakan Een warga Balikpapan Selatan. Menurut perempuan ini, pelatihan wirausaha ini banyak memberikan ilmu baru dalam dunia usaha. Karena itu, dia berjanji akan menerapkan ilmu yang didapat untuk pengembangan usahanya.

“Saya senang sekali. Para pemateri pelatihan sudah banyak memberi ilmu. Terus terang saya masih pemula. Dan, ilmu dari pemateri sangat bermanfaat dan bakal saya terapkan untuk mengembangkan usaha,” demikian Een. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top