Ekonomi

Hadapi Pilkada, Ahmad Junaidy: Pelaku UMKM Harus Jeli Lihat Peluang

PARLEMENTARIA.COM– Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus jeli melihat peluang dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 yang bakal digelar di 171 kabupaten/kota.

Soalnya, anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Junaidy Auly, pelaksanaan pilkada mampu meningkatkan arus perputaran uang dan memberikan potensi yang menjanjikan di bisnis UMKM seperti kaos, spanduk dan baliho.

Pesta demokrasi perlu dimanfaatkan untuk meningkatkan roda perekonomian.
Pilkada serentak secara aspek ekonomis tentu potensi sangat menjanjikan untuk pelaku UMKM seperti produk kaos, spanduk, sticker, dan lain-lain yang banyak diminati pada musim pilkada ini,” kata dia, Selasa (27/2).

Seperti diketahui, masing-masing calon sudah mempersiapkan dan berakhir 23 Juni 2018 termasuk di Lampung yang akan melakukan pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang baru.

Data Bappenas menjelaskan bahwa pada triwulan pertama dan kedua pada masa kampanye Pilpres 2014 pertumbuhan konsumsi Lembaga Non Profit yang melayani Rumah Tangga (LNPRT) seperti pembelian kuas, banner dan juga iklan TV mencapai 20 persen.

Pada 2014, konsumsi rumah tangga juga tumbuh tinggi dan melampaui pertumbuhan produk domestik bruto (PDB). “Dari data di atas menunjukkan bahwa pelaku UMKM bidang tersebut harus meningkatkan kualitas, inovasi serta kreativitas pada produk kampanye.”

Lebih lanjut dikatakan, peran Bank Indonesia harus terus dimaksimalkan dan berperan aktif bekerjasama dengan instansi terkait lainnya membuka wadah pelayanan semisal sentra layanan UMKM di setiap daerah sebagai pusat konsultasi dan pelayanan UMKM demi pemberdayaan UMKM secara terpadu.”

Dia berharap, Bank Indonesia terus berperan aktif untuk pemberdayaan UMKM, karena banyak pelaku UMKM yang membutuhkan pendampingan dan peran aktif dari pemerintah agar pelaku UMKM terus semangat berwirausaha dan ekonomi kita terus membaik dengan diberdayakannya UMKM. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top