Info Kesekjenan

YOI Tahapari: Media Punya Peran Tentukan Kebijakan Institusi

PARLEMENTARIA.COM– Media mempunyai peran sangat penting dalam menentukan kebijakan pemberitaan suatu institusi. Keberhasilan Media internal dalam membuat berita sangat ditentukan hasil analisis terhadap isu yang menjadi pemberitaan di berbagai media.

Demikian dikatakan Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI, YOI Tahapari saat diskusi benchmarking Analisis Media dengan Humas Pemerintah Kota Medan, di Medan, Sumatera Utara, pertengahan pekan ini.

Siaran pers yang diterima dari bidang pemberitaan DPR RI menyebutkan, dalam diskusi untuk berbagi ilmu pengelolaan covered area media exposure beserta analisis itu dibuka Wakil Walikota Medan H Akhyar Nasution dan dihadiri sejumlah pejabat dan staf Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR, Humas Pemkot Medan, Dinas Kominfo, Humas DPRD dan Akademisi Universitas Sumatera Utara (USU).

Hanny, panggilan akrab Tahapari mengatakan, hal itu sejalan dengan visi Ketua DPR RI Bambang Soesatyo yang menginginkan seluruh kegiatan DPR RI harus diketahui masyarakat dengan dikemas secara digital, sehingga seluruh masyarakat dapat mengakses informasi DPR RI dalam satu genggaman.

“Artinya, produk yang dihasilkan oleh Pemberitaan DPR RI harus dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Kajian analisis media inilah yang akan dijadikan dasar memberi solusi terhadap tone isu pemberitaan agar menjadi imbang, bahkan mengubah tone dari negatif menjadi positif,” lanjut Hanny,

Sementara Wakil Walikota Medan mengatakan, masyarakat Medan yang multi etnis dan multi cultural, diikat dengan tali persaudaraan dengan memanfaatkan media cetak, radio, online dan media sosial.

“Ini sebagai sekaligus sebagai sarana komunikasi antara Pemerintah Kota Medan dengan masyarakat.Pemkot Medan juga telah bekerjasama dengan 340 media massa cetak, siber dan siaran,” kata dia.

Wakil Dekan III Fisip Universitas Sumatera Utara (USU), Hendra Harahap menyoroti pentingnya penguatan Sumber Daya Humas untuk meningkatkan media relations dengan seluruh media massa. Prinsip analisis media adalah cermin realitas yang jadi isu utama pemberitaan media tentang institusi.

“Sedangkan tone positif, negatif dan netralnya pemberitaan media merupakan cermin realitas hubungan institusi. Oleh karena itulah, diperlukan peningkatan kualitas media relations antara institusi dengan media,” kata Hendra.

Acara yang dipandu oleh Staf Ahli Walikota Medan Bidang Pembangunan, Pulungan Harahap diakhiri dengan peninjauan proses tata kelola media relations beserta fasilitasnya dan pengelolaan press room. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top