Ekonomi

Sumbar Kaya Energi Terbarukan dan Ramah Lingkungan

PARLEMENTARIA.COM– Potensi sektor Energi Baru Terbarukan (EBT) di Provinsi Sumatera Barat dinilai sangat bagus dan cocok sebagai energi hijau atau energi yang ramah lingkungan. Bahkan Sumatera Barat kaya akan energi terbarukan.

Itu dikatakan Ketua Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi VII DPR RI ke Sumbar Gus Irawan Pasaribu usai pertemuan dengan Gubernur Sumbar dan beberapa lembaga mitra kerja Komisi VII.

“Arah dari kebijakan pemerintah juga sama, yakni untuk mengembangkan energi baru terbarukan. Sehingga kami sangat merespon keinginan Gubernur Sumatera Barat yang ingin mengembangkan energi baru terbarukan ini,” ucap Gus Irawan dalam siaran pers yang diterima Parlementaria.com, Selasa (20/2).

Dikatakan, Komisi VII akan mengawal hal itu agar kebijakan pemerintah tetap konsisten dengan pengembangan energi baru terbarukan.

Dia juga menyampaikan bahwa pemerintah sudah mempunyai roadmap. Kalau tidak ada percepatan dan fokus perhatian kepada energi baru terbarukan, saya pesimis hal itu akan dapat tercapai.

“Dari potensi yang dipaparkan Gubernur Sumbar, ke depannya kita akan fokuskan untuk mengembangkan energi baru terbarukan yang ada di Sumbar, yaitu dari air dan panas bumi,” kata dia.

Dijelaskan, pemakaian batu bara yang dilakukan saat ini memang cenderung lebih murah. Namun, hal tersebut berdampak kepada kerusakan lingkungan.

“Ketika lingkungan sudah rusak, ada opportunity cost yang juga harus ditanggung,” tegas politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu.

Dalam hal pengembangan energi baru dan terbarukan, kata wakil rakyat di bidang energi itu, ini bisa disiasati dengan melakukan pemberian insentif bagi mereka yang menggunakan energi baru terbarukan tersebut. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top