Ekonomi

Fadli Zon Minta Bank Syariah Diberi Kesempatan Terbitkan Uang Elektronik

PARLEMENTARIA.COM – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan, peluncuran program transaksi non-tunai yang dicanangkan pemerintah membuat sektor perbankan syariah mendapatkan angin segar.

Namun suasana kondusif tersebut akan berjalan baik jika Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan kebijakan bank syariah bisa mengeluarkan kartu transaksi non-tunai. Sementara saat ini hanya bank konvensional yang dapat mengeluarkan kartu e-money (uang elektronik).

“Ini merupakan potensi yang sangat besar mengingat mayoritas penduduk Indonesia merupakan muslim, apabila perbankan syariah diberikan ruang yang sama seperti bank konvensional untuk mengeluarkan e-money,” tutur Fadli Zon dalam dalam pertemuan dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta di Ruang Rapat Pimpinan Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (5/12/2017).

Wakil Ketua Umum MES DKI Jakarta Safri Sading menuturkan, gerakan non tunai saat ini dinilai tidak adil karena hanya bank konvensional yang dapat mengeluarkan kartu non-tunai. Padahal menurutnya banyak masyarakat yang ingin menggunakan kartu non tunai yang syariah.

“Kami berharap OJK bisa mengeluarkan kebijakan yang adil untuk bank syariah, sehingga bank syariah juga mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendukung gerakan non-tunai,” kata Safri Sading menambahkan. (esa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top