HeadLine

Hanura: Tindakan Presdir Freeport Indonesia Chappy Hakim Telah Lecehkan Lembaga DPR

JAKARTA – Ketua Fraksi Hanura DPR Nurdin Tampubolon menilai tindakan Presiden Direktur (Presdir) PT Freeport Indonesia (PTFI), Chappy Hakim yang mengancam anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Hanura Mukhtar Tompo usai rapat dengar pendapat (RDP) merupakan tindakan yang tidak terpuji.

“Kasus itu tidak hanya melibatkan angota Fraksi Hanura Mukhtar secara pribadi tetapi telah melecehkan lembaga DPR,” tegas Nurdin Tampubolon, kepada wartawan, di Media Center DPR, Jumat (10/2).

Nurdin menegaskan, fraksinya tidak bisa menerima perlakuan Chappy Hakim. Atas perlakukan itu, Hanura akan melakukan langkah-langkah hukum. “Kami dari Hanura tentu tidak terima. Anggota kami sudah melakukan tugasnya dengan baik. Hal yang dipermasalahkan pun sudah kami bahas di internal fraksi. Jadi mengganggu Mukhtar berarti menganggu fraksi,” tegas Nurdin.

Sejauh ini, kata Nurdin, Chappy Hakim yang merupakan mantan Kasau itu telah menyampaikan permohonan maaf. Namun, Nurdin mengaku belum menerima permintaan maaf tersebut secara langsung, baik kepada fraksi, maupun kepada Mukhtar Tompo.

Menurut Nurdin, dia telah melaporkan peristiwa tersebut kepada Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang. “Beliau bilang, kita harus melihat permasalahannya apa, jangan saling menyalahkan dan melihat apa solusi-solusi yang benar agar institusi DPR tidak dinistakan. Freeport juga jangan sampai tidak melakukan sesuatu pekerjaan yang tidak sesuai Undang-undang (UU),” kata Nurdin.

Sementara itu, Mukhtar Tompo menjelaskan kronologis kejadian tersebut. Dijelaskan, menjelang rapat berakhir, dia meminta ketegasan pihak Freeport Indonesia untuk konsisten membangun smelter di Indonesia seperti yang dijanjikan dalam rapat sebelumnya bulan Desember 2016.

Setelah rapat ditutup, dia mengulurkan tangannya untuk menyalami Chappy Hakim. Namun Chappy Hakim menepis tangannya. “Sambil menunjuk dada saya, dia mengatakan, awas kamu. Kau jangan macam-macam. Mana itu tidak konsisten. Mana? Saya ini konsisten, mana?” ujar Mukhtar menirukan ucapan Chappy. (esa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top