Ekonomi

Cak Imin: Diperlukan Integritas Para Pengelola Dana Desa

PARLEMENTARIA.COM – Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menilai implementasi program dana desa memang berpotensi penyalahgunaan terutama soal dana.

“Untuk mengatasi dan menjaga agar program dana desa tidak ada kebocoran dan penyalahgunaan, integritas sangat perlu dimiliki para pengelola dana desa dari daerah, terutama para kepala-kepala desa dengan membuat perencanaan yang tepat sasaran, efektif,” kata Cak Imin.

Hal itu disampaikan cak Imin ketika menerima delegasi DPP Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) yang dipimpin Ketua Umum DPP Apdesi Suhardi Buyung, di ruang kerja Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar, Gedung Nusantara III, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (12/9/2018).

“Ya saya berpesan agar anggota-anggota Apdesi sebagai pengelola dana desa memiliki integritas jangan lagi ada tersiar temuan-temuan panyalahgunaan dana desa. Mudah-mudahan dengan pengelolaan yang berintegritas, pembangunan desa yang sesuai dengan cita-cita bangsa menajdi cepat terwujud,” katanya.

Cak Imin mengisahkankan lahirnya program dana desa berdasarkan UU Desa No.6 Tahun 2014, yakni pembangunan tidak lagi terpusat atau top-down tapi dari daerah/desa.

“UU Desa ini mengembalikan dan menguatkan kembali cita-cita awal pembangunan yang tidak lagi top-down tapi dari daerah/desa. Untuk menjawab semangat awal pembangunan desa munculah program dana desa,” jelasnya.

Dijelaskan, program dana desa ini ternyata dirasakan pemerintah waktu itu dan pemerintah saat ini sangat baik, sehingga perlu dipertahankan dan seterusnya akan ditingkatkan dan disempurnakan dalam berbagai sisi terutama dana sehingga akan sempurna dan sesuai dengan cita-cita awal pembangunan. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top