Ekonomi

Hetifah: Usaha Kreatif Tampilkan Ide dan Teknologi

PARLEMENTARIA.COM– Dunia ekonomi kreatif mulai dilirik berbagai kalangan. Disadari atau tidak, dunia ekonomi kreatif terbukti mampu memanjakan konsumen baik tua, muda, anak-anak dan merambah ke semua sektor.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudin berkesempatan bincang-bincang dengan beberapa anak muda penggiat ekonomi kreatif di ruang Komunitas Baca Pena dan Buku Pasar Klandasan, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (9/9/2018).

Yusna dan Rendi, dua anak muda yang menjadi pengelola Komunitas Pena dan Buku ini berinisiatif melakukan diskusi untuk masyarakat di Pasar Klandasan. Bahkan kegiatan ini rutin dilakukan dengan berbagai macam tema.

Hetifah, politisi senior Partai Golkar yang menjadi wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara)  saat bincang-bincang itu menjelaskan mengenai nilai tambah dengan adanya sentuhan kreatif di segala bidang. Dan, inilah yang membedakan dengan UMKM lainnya.

“Usaha kreatif menampilkan ide-ide dan teknologi. Jadi, dengan memasukkan ide kreatif, usaha yang sama tetapi mendapatkan hasil ekonomi lebih tinggi,” kata wakil Ketua Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan, pemuda, olahraga, kebudayaan, parawisata dan ekonomi kreatif ini.

Misalnya, sama-sama membuat baju, tetapi baju itu diberi sentuhan kreatif seperti manik-manik. Tambahan manik-manik itu membuat barang itu menjadi lebih bernilai. “Kalau kita ingin mulai kreatif, mulailah pertama dari empati. Empati terhadap tempat, empati orang, atau apa yang menggugah,” demikian Hetifah Sjaifudian. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top