Ekonomi

Kartubi Inginkan Smelter Freeport Dibangun di Dapilnya

PARLEMENTARIA.COM – Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi menginginkan pembangunan smelter PT. Freeport di daerah pemilihannya, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dia menilai, pembangun smelter Freeport di Gresik, Jawa Timur tidak efisien dan akan lebih efisien dibangun di Sumbawa Barat. Alasannya karena jarak angkut konsentrat dari PT. Freeport di Papua ke Sumbawa Barat lebih singkat.

“Saya dukung pembangunan smelter di Sumbawa Barat karena untuk kepentingan nasional. Ini adalah momentum yang bagus untuk mengarahkan pembanguan smelter PT. Freeport Indonesia ke Sumbawa Barat,” tegas Kurtubi di Gresik, Jawa Timur, Kamis (23/11).

Kurtubi menyatakan, hal itu baik untuk industri hilirnya. Sebab produk ikutan dari pembangunan smelter bagitu banyak yang bisa dimanfaatkan, untuk mengembangkan industri-industri hilir lain, seperti semen, kabel listrik, dan lain sebagainya sebagai output dari pembangunan smelter itu.

“Industri hilir bisa dibangun di Sumbawa Barat, karena pulau Sumbawa juga menghasilkan bahan baku penting dari semen, yakni pasir besi. Sehingga akan menghemat ongkos angkut pasir besi yang sebelumnya dikirim ke pulau Jawa, dan cukup diolah di Sumbawa,” ujarnya.

Kalau smelter PT. Freeport dibangun di Sumbawa Barat, maka bisnisnya bisa berjalan secara ekonomis, karena ongkos angkut konsentratnya menjadi lebih murah. “Sesuai ketentuan Undang-Undang Minerba Nomor 4 Tahun 2009, maka 100 persen konsentrat PT. Freeport harus diolah di Indonesia. Sementara untuk memenuhi ketentuan tersebut, PT. Freeport Indonesia berencana untuk membangun smelternya di atas lahan reklamasi di Gresik. Jelas ini adalah lahan yang dipaksanakan,” pungkasnya. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top