Peristiwa

Korban Meninggal Gempa Lombok Capai 91 Orang

PARLEMENTARIA.COM – Hingga Senin (6/8/2018) siang, jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi berkekuatan 7 SR di Lombok, NTB mencapai 91 orang meninggal dan 209 orang dilaporkan luka-luka.

“Sampai siang ini, total korban meninggal dunia 91 orang, 209 orang luka-luka, ribuan rumah rusak. Ini data sementara yang kita perkirakan jumlah ini masih akan bertambah, belum semua wilayah di Lombok terjangkau petugas SAR gabungan,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers di Graha BNPB, Jakarta, Senin (6/8/2018).

Sutopo merilis, korban meninggal dunia terbanyak terdata di Lombok Utara, yakni 72 orang, dan 64 orang terluka. Di Mataram tercatat 4 orang meninggal dunia, 63 orang luka berat, dan 8 orang luka ringan. Korban juga terdata di Lombok Timur dan Lombok Tengah.

Sebagian besar korban meninggal karena tertimpa bangunan roboh. Sutopo menyebut seluruh korban meninggal dunia merupakan WNI.Namun belum didapatkan adanya data korban wisatawan asing yang berada di wilayah Bali ataupun NTB.

Tim SAR gabungan masih terus melakukan evakuasi dan penyisiran. Kondisi malam hari dan sebagian komunikasi yang mati menyebabkan kendala di lapangan. Diperkirakan korban terus bertambah. Jumlah kerusakan bangunan masih dilakukan pendataan.

Menurut Sutopo, fokus utama saat ini adalah pencarian, penyelamatan dan pertolongan kepada masyarakat yang terdampak gempa serta pemenuhan kebutuhan dasar. Kebutuhan mendesak saat ini adalah tenaga medis, air bersih, permakanan, selimut, tikar, tenda, makanan siap saji, layanan trauma healing dan kebutuhan dasar lainnya. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top