Daerah

Humbahas Harus Bertransformasi Jadi Destinasi Unggul Pariwisata di Danau Toba

PARLEMENTARIA.COM – Mengingat potensi pariwisata yang dimiliki Humbang Hasundutan (Humbahas), maka di usia ke 20 tahun mendatang, Humbahas sudah harus bertransformasi menjadi salah satu destinasi unggul pariwisata di Danau Toba.

“Hal ini bukan hanya impian tetapi harus terwujudkan sebab Kabupaten Humbahas memiliki resources ( sumber daya) yang sarat dengan keunggulan komparatif yang tidak didapatkan di daerah lain,” ujar Chairman Pandupati Dr. Ir. Mombang Sihite, MM, di Jakarta, kemarin, terkait HUT Humbahas ke 15.

Menurut dia, Humbahas bukan saja memiliki keindahan alam Danau Toba , sebab wilayah ini menjadi salah satu kabupaten yang terletak di kawasan Danau Toba, tapi juga memiliki objek wisata sejarah berupa Istana Raja Sisingamagaraja di Bakkara, dan wisata pertanian dengan salah satu hasil pertaniannya yang mendunia yakni Haminjon ( Kemenyaan).

” Keunggulan komparatif ini harus dimanage dan dieksplor (dikelola) dengan baik sehingga pada usianya yang ke 20 nanti, Humbahas sudah bertransformasi menjadi salah satu destinasi unggul pariwisata di Danau Toba,” katanya.

Mombang Sihite, menambahkan dalam usia 15 tahun masyarakat Humbahas terus bergeliat bertumbuh berkembang menuju salah satu kabupaten yang layak diperhitungkan sebagai destinasi pariwisata kelas dunia disekitar Danau Toba.

Direktur Berca Group, yang juga dosen Pascasarjana FEB Universitas Pancasila ini menekankan pembangunan sarana infrastuktur menjadi kunci penting didalam membuka isolasi daerah yang berpeluang menjadi destinasi pariwisata.

” Dengan ketersediaan infrastruktur akan membuka akses pihak swasta untuk menanamkan investasinya didaerah strategis yang layak jual sekaligus menjadi masukan devisa baru bagi kabupaten Humbahas, ” tandasnya.

Dia memberi saran agar Pemerintahan Daerah Humbahas, yang saat ini dipimpin Bupati Dosmar Banjarnahor , sudah harus membentuk team khusus untuk melakukan berbagai kajian-kajian seperti melakukan percepatan pembangunan destinasi pariwisata, mengundang investor untuk membangun fasilitas-fasilitas untuk mendukung pariwisata, peningkatan pembangunan ekonomi masyarakat, menggali potensi-potensi industry baru yang dapat menunjang pariwisata, dan memberikan fasilitasfasilitas kemudahan dalam berinvestasi, melindungi masyarakat dari dominasi investor asing.

Melihat APBD yang tersedia, diakui Mombang sulit rasanya melakukan berbagai percepatan pembangunan yang dapat meningkatan perekonomian masyarakat. Untuk itu perlu dilakukan sinergy kooperatif pihak pemerintah dengan pihak swasta (lokal maupun nasional) guna mendapatkan investorinvestor baru yang hasilnya saling menguntungkan.

Dalam strategi development, untuk menjadikan Humbahas sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, menurut Mombang Sihite, pemerintah perlu bernegoisasi dengan pemerintah pusat guna menyediakan fasilitas kebijakan tax holiday untuk waktu tertentu sehingga investor tertarik datang untuk menanamkan investasinya.

Selamat Ulang tahun yang ke 15 Humbahas, mari bergandengan tangan dengan seluruh pihak stakeholder Humbahas guna membangun ekonomi masyarakat yang lebih baik, jangan lupa pembangunan infrastruktur dan fasilitas lainnya tidak akan berguna apabila pembangunan sumber daya manusianya diabaikan, pungkas Mombang Sihite, putra daerah Humbahas ini. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top