Pengawasan

Pemekaran Wilayah Untuk Dongkrak Pertumbuhan dan Pemerataan Ekonomi di Daerah

PARLEMENTARIA.COM – Anggota Komisi XI DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa meyakini bahwa kebijakan pemekaran wilayah di masa lalu bertujuan untuk mendongkrak pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di daerah-daerah. Provinsi Banten yang merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Jawa Barat, yang memiliki potensi sumber daya alam cukup melimpah, pusat industri bahan baku kimia juga pabrik-pabrik dengan serapan tenaga kerja cukup tinggi.

Hal tersebut diungkapkannya saat mengikuti Kunjungan Kerja Komisi XI DPR RI menggelar pertemuan dengan jajaran Kementerian Keuangan Perwakilan Wilayah Provinsi Banten, di Serang, Banten, Senin (30/7/2018).

“Jika perputaran uang secara riil terjadi di daerah-daerah dan tidak menumpuk di pusat seperti saat ini, maka ini akan berpotensi menciptakan pertumbuhan ekonomi daerah dan terciptanya lapangan pekerjaan yang lebih luas,” imbuh Agun.

Politisi Partai Golkar ini juga menekankan bahwa pengalokasian berbagai pembangunan infrastruktur dan distribusi keuangan ke daerah harus dibuatkan konsep yang matang untuk mencegah terjadinya praktek korupsi di daerah-daerah.

“Saat ini kasus-kasus korupsi yang merajalela di daerah dijadikan alasan oleh pemerintah pusat untuk kembali mengambil alih kewenangan pemerintah daerah. Misalnya pendidikan SMA dan SMK yang tadinya dikelola pemerintah kabupaten/kota, saat ini sudah kembali ditarik kembali menjadi kewenangan pemerintah provinsi,” ungkap Agun. (chan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top