Kesra

Jamaah Ananda Nurul Haramain Bertolak ke Tanah Suci 1 Agustus

PARLEMENTARIA.COM – Jamaah haji khusus yang menunaikan ibadah haji tahun 2018 ini, yang tergabung dalam travel PT Ananda Nurul Haramain dan PT Ananda Darul Haramain akan berangkat dari Tanah Air menuju Tanah Suci pada 1 Agustus mendatang.

 

Demikian dikemukakan Direktur Pelaksana PT Ananda Nurul Haramain H. Subakin Abdul Muthalib di Jakarta, Senin (30/7). “Tahun ini jamaah yang berangkat sebanyak 243 orang, didampingi petugas kesehatan, petugas ibadah,” ujarnya.

 

Jamaah tersebut lanjut Subakin, dari Jakarta akan menuju Jeddah kemudian lanjut ke Makkah untuk ibadah umrah. Di kota suci ini mereka menempati hotel bintang lima Movenpick Tower Zamzam selama 6 hari.

 

Kemudian jamaah menuju Madinah dengan bus Faruq Jamil Khogeer. Berada di kota Nabi ini jamaah  selama 9 hari, jamaah selain ziarah ke Makam Nabi Muhammad saw, juga dapat menjalankan shalat wajib 40 waktu (arbain).

 

Menjelang puncak prosesi haji, jamaah kemudian menuju Makkah. Lalu sehari sebelum wukuf, jamaah berangkat ke Mina melakukan tarwiyah. Kemudian pada 9 Dzulhijjah, seluruhnya berada di Arafah untuk ibadah wukuf.

 

Dari Arafah, jamaah menuju Mudzdalifah, mabit sebentar seraya mengambil batu kerikil yang dipergunakan melontar jumrah. Jamaah langsung ke Mekkah untuk tawaf ifadah, sai lalu tahalul. Setelah itu jamaah menuju Mina, mabit seraya melontar jumrah. Jamaah mungkin nafar awal atau tsani, melihat kondisi,” kata Subakin.

 

Setelah usai mabit di Mina, jamaah yang sudah menyandang gelar haji kemudian ke Mekkah untuk tawaf wada atau tawaf perpisahan. Kemudian persiapan pulang ke tanah air. “Jamaah tinggal di Arab Saudi 26 hari, kembali ke Tanah Air 26 Agustus,” jelas Subakin.

 

Biro perjalanan haji dan umrah khusus PT Ananda Nurul Haramain, didirikan 9 tahun yang lalu oleh Ketua Tanfidziyah PWNU Sulsel yang juga Guru Besar UIN Makassar dan mantan pejabat Kementerian Agama, Prof Dr H Iskandar Idy, MA, tepatnya pada tahun 2008. Setiap tahun memberangkatkan jamaah haji dan umrah yang berasal dari seluruh daerah indonesia, dan sampai saat ini sudah memberangkatkan ribuan jamaah baik haji maupun umrah.

 

“Tahun lalu sebanyak 291 orang jamaah diberangkatkan ke tanah suci dan diberangkatkan dengan pesawat Emirate Saudi Arabia dan menginap di Hotel Bintang 5 yaitu Hotel Bahauddin di Madinah dan Hotel Movenpick di Mekkah serta menggunakan Bus Eksklusif Higer 2016 dari Farouk Jamil Khogeer Est sebagai alat transportasi bagi seluruh jamaahnya selama berada di tanah suci,” jelas Subakin. (ks)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top