Polhukam

Hadiri Pembukaan Maratua Jazz, Hetifah Janji Bantu Promosikan Wisata Berau

PARLEMENTARIA.COM– Pimpinan Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan, pemuda, olahraga, kebudayaan, ekonomi kreatif dan parawisata, Hetifah Sjaifudian berjanji mendorong agar destinasi wisata di Kalimantan Timur dan Utara masuk prioritas pengembangan wisata nasional.

Janji politisi senior Partai Golkar ini berkaitan dengan pernyataan Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo ketika menyampaikan kata sambutan sebelum membuka Pergelaran Maratua Jazz and Dive Fiesta (MJDF) di Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Jumat (27/7) malam.

Dalam sambutannya seperti keterangan yang diterima Parlementaria.com melalui WhatsApp (WA), Sabtu (28/7), Agus menyebutkan bahwa dia heran kenapa Pulau Maratua kurang mendapat perhatian dari pemerintah pusat khususnya dari Kementerian Parawisata.

Padahal Pulau Maratua memiliki salah satu spot selam terbaik di Asia. Bahkan menurut data CNN Travel, spot selama di Pulau Maratua merupakan spot selam terbaik ketiga di Asia. Sayangnya, daerah ini tidak dijadikan destinasi prioritas Kementerian Parawisata.

Pargelaran Maratua Jazz and Dive Fiesta (MJDF) dibuka Wakil Bupati, Agus Tantomo di Pulau Maratua, Jumat (27/7) malam. Wakil Bupati Kabupaten Berau tersebut mengapresiasi Kementerian Parawisata yang memberikan dukungan terselenggaranya MJDF 2018.

Hetifah, Wakil Ketua Komisi X DPR RI yang membidangi pariwisata menambahkan, sejak awal perjalanannya, gelaran MJDF memang banyak kendala. Tetapi berkat kegigihan panitia acara ini dapat terselenggara.

“Alhamdullilah setelah pertemuan dengan Kemenpar, acara ini mendapat respon positif. Saya berharap acara ini berjalan sukses dan memberikan dampak yang signifikan terhadap pariwisata di Berau dan masyarakat setempat,” kata Hetifah yang juga anggota DPR RI Dapil Kaltim dan Kaltara.

MJDF dilaksanakan 27-29 Juli 2018 dimeriahkan sejumlah penampilan seperti Trie Utami, pemain Sape dari Kalimantan Uyau Moris, dan Rio Moreno Latin Combo yang terdiri dari Rio Moreno (piano), Harry Toledo (bass), Iwan Wiradz (perkusi), Caecillia Chakraditya (vocal/percussions) dan Dion Subiakto (drums).

Hadir pula duet Amelia Ong (vocal) dan Tiyo Alibasjah (gitar) plus satu grup dari ibukota provinsi Kaltim Samarinda dengan menghadirkan Saxophone of Borneo, dua grup dari Tanjung Redep yaitu Banua Generation dan Echon Project dan satu grup dari Pulau Maratua yaitu Gasstik.

Selain kegiatan music, Maratua Jazz & Dive Fiesta juga menghadirkan ragam kegiatan tambahan seperti Festival Kuliner bertajuk MJDF Food Festival dengan sajian khas yang melibatkan komunitas dari empat kampong di Pulau Maratua.

MJDF 2018 yang digelar tiga hari tersebut juga memamerkan fotografi karya Isomoto Berau dan Berau Asik yang memamerkan keindahan panorama alam dan bawah laut Berau. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top