Pengawasan

Bamsoet Minta Komisi IX DPR Dorong Kemenkes Awasi BPJS Kesehatan

PARLEMENTARIA.COM–Kementerian Kesehatan (Kemenkes) harus mendesak Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan segera mengatasi defisit anggaran dengan tidak mengurangi pelayanan terhadap masyarakat pemegang kartu BPJS Kesehatan.

Hal itu disampaikan Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo berkaitan dengan masalah defisit anggaran BPJS Kesehatan dan adanya polemik di masyarakat mengenai tiga peraturan baru BPJS Kesehatan menyangkut layanan kesehatan.

Dalam keterangan pers kepada awak media, Jumat (27/7), Bambang yang akrab disapa Bamsoet itu mengatakan, dirinya melalui Komisi IX DPR RI mendorong Kemenkes untuk mendesak BPJS Kesehatan segera mengatasi persoalan yang terjadi di badan itu.

Politisi senior Partai Golkar ini juga mendorong Komisi IX DPR RI dan Kemenkes meningkatkan pengawasan terhadap BPJS Kesehatan khususnya menyangkut layanan kepada masyarakat sehingga tidak terjadi kecurangan atau adanya potensi kecurangan layanan.

Selain itu, DPR harus mendorong Kemenkes, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan BPJS Kesehatan mengkaji mengkaji ulang kondisi keuangan BPJS Kesehatan, guna memperbaiki tata kelola keuangan yang ada serta berfokus pada mutu layanan dan efektivitas pembiayaan.

“Masyarakat juga dihimbau disiplin dalam melakukan pembayaran iuran peserta BPJS Kesehatan guna meminimalisir defisit anggaran dalam BPJS Kesehatan. Dengan cara itu diharapkan layanan tidak terganggu,” demikian Bambang Soesatyo. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top