Polhukam

Bicara Buku Bersama Wakil Rakyat, Hetifah Tekankan Literasi di Sekolah

PARLEMENTARIA.COM– Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifuddian menekankan pentingnya literasi atau kemampuan membaca dan menulis di sekolah. Karena itu, semua pihak harus turut berperan dalam pengembangan literasi.

Hal tersebut dikatakan Hetifah pada acara Bicara Buku bersama Wakil Rakyat, dengan tema “Perkembangan Literasi Akademik” di Aula Rumah Dinas Jabatan Walikota Balikpapan, Minggu (8/7).

“Kami di DPR sudah mengesahkan undang-undang tentang Sistem Perbukuan. Di UU itu diamanatkan peran pemerintah pusat dan daerah dalam pengembangan literasi. Misalnya pemerintah kabupaten/kota dituntut untuk memfasilitasi pengembangan budaya literasi,” ungkap Hetifah dalam keterangan singkat melalui WhatsApp (WA) kepada Parlementaria.com, Senin (9/7).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Muhaimin yang menjadi pembicara acara tersebut mengatakan, guru perlu mengembangkan perpustakaan digital dalam mendukung literasi di sekolah.

“Semua guru sudah fokus dengan literasi perpustakaan digital. Kemudahan yang diberikan oleh pemerintah kota harus dimanfaatkan. Segala buku bisa didownload, dan bisa membaca buku yang di perpustakaan daerah. Guru di Balikpapan juga saya himbau untuk terus membudayakan membaca opara murid,” kata dia.

Walikota Balikpapan, Rizal Effendi yang membuka acara mengapresiasi atas terlaksananya acara tersebut. Acara ini merupakan bentuk dorongan terhadap minat baca masyarakat dan anak didik. Sedikitnya 200 Kepala Sekolah SD dan SMP yang hadir juga mengapresiasi kegiatan ini. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top