Polhukam

Setelah Ketemu Zulhas, Anies: Soal Capres-Cawapres Tanya Ketua Partai

PARLEMENTARIA.COM– Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membantah bahwa pertemuannya beberapa kali dengan Wakil Presiden (Wapres) Mohammad Jusuf Kalla (JK) untuk persiapan dirinya maju sebagai calon presiden (capres) pada pemilu 17 April tahun depan.

“Belum ada persiapan untuk maju pada pemilihan presiden mendatang. Saya masih sibuk menjalankan amanah yang diberikan masyarakat ibukota pada pemilihan gubernur lalu untuk mengurus Jakarta,” kata Anies usai melakukan pertemuan tertutup dengan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/7).

Mantan anggota Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut juga tidak mau menjawab saat ditanya dirinya akan didukung koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB) dan partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Dikatakan, masalah capres-cawapres sudah menjadi urusan pimpinan partai politik. Seperti Prabowo Subianto, Zulkifli Hasan dan Sohibul Iman. “Saya masih ngurusi Jakarta. Saya tak bisa jawab soal pilpres,” kata dia.

Demikian pula soal pertemuannya dengan JK, yang diakuinya tidak terkait pilpres. “Saya sebagai gubernur ini reguler saja. Sekarang bertemu Pak Zulkifli Hasan, dan lain-lain. Kalau dengan Pak JK memang ada acara Dekranasda di rumah beliau. Selanjutnya ke kantor PP Muhammadiyah. Hanya interpretasinya macam-macam,” demikian Anies Baswedan.

Sebelumnya Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan meyakini jika pilpres 2019 tak akan ada poros tiga. “Saya tetap bilang kalau poros tiga itu perlu keajaiban,” jelas Zulkifli.

Setidaknya dalam pilpres nanti akan muncul Pak Jokowi, Prabowo Subianto, Gubernur DKI Anies Baswedan, Gatot Nurmantyo dan lain-lain. Dan, PAN bisa koalisi dengan siapa saja.

“Masalahnya syaratnya kan 20 persen, untuk 20 itu harus berkoalisi. Kalau PAN sendiri tidak mungkin. Sehingga bisa dengan PDIP, Golkar, Gerindra, dan sebaliknya dengan siapa saja. Kalau PAN harus berkoalisi, tapi kita tunggu perkembangan,” ungkap dia. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top