Pengawasan

Ketua DPR RI: Mahasiswa Harus Waspadai Terorisme Masuk Kampus

PARLEMENTARIA.COM– Mahasiswa harus ikut mewaspadai perkembangan terorisme yang mencoba masuk ke dalam dunia kampus. Soalnya, temuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebutkan, potensi penyebaran paham radikalisme sudah masuk ke berbagai kampus.

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mengatakan, ini harus dijadikan warning, bukan dinafikan dengan berbagai argumentasi dan penyangkalan. Jangan menutup mata terhadap realitas yang ada.

“Suka atau tidak terhadap temuan BNPT, kenyataannya memang menunjukan hal yang demikian. Ini merupakan sebuah keniscayaan yang tidak bisa kita bantah,” ujar politisi senior Partai Golkar ini saat menerima Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma (PP KMHDI) di ruang kerja Pimpinan DPR RI, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (5/7).

Dikatakan Bambang, begitu juga dengan aktifitas Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) maupun peredaran Narkoba. Wajkil rakyat dari Dapil Provinsi Jawa Tengah ini meminta mahasiswa, khususnya organisasi KMHDI dan lainnya, untuk menjaga diri agar tidak terjerumus kepada tindakan melanggar hukum dan norma agama.

“Jiwa dan gairah muda maupun semangat tinggi yang dimiliki para mahasiswa justru harus disalurkan untuk kegiatan positif. Slogan mahasiswa sebagai agent of change bukanlah tanpa maksud. Slogan tersebut juga tak boleh sekadar menjadi slogan semata tanpa adanya aksi nyata dari mahasiswa,” ungkap laki-laki yang akrab disapa Bamsoet ini.

Karena itu, Bamsoet berpesan agar mahasiswa tidak boleh selalu berpuas diri. Dan, mahasiswa harus memanfaatkan masa muda semaksimal mungkin untuk mengikuti berbagai aktifitas dan melakukan berbagai macam karya.

“Jangan takut gagal. Karena setiap kegagalan yang dihadapi, pasti akan ada berbagai pelajaran baru yang bisa diambil. Manfaatkan masa muda untuk menikmati setiap kegagalan, sehingga bisa menjadi orang berhasil di masa mendatang. Jangan sia-siakan masa muda dengan menjadi teroris, LGBT, ataupun penikmat narkoba.”

Buat Bamsoet, ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Salah satunya menyebarkan pesan perdamaian kepada sesama anak bangsa dan dunia.

Jika kita cermati, kata dia, dunia semakin hari menunjukan perdamaian. Timur Tengah walaupun masih terdapat konflik tetapi arahnya sudah semakin kondusif dibanding sebelumnya.

“Korea Selatan dan Korea Utara sudah sepakat mencari persamaan diantara kedua negara. Kalau dunia saja sudah semakin damai, justru di dalam negeri kita tak boleh ketinggalan. Mahasiswa punya peran penting dalam mewujudkan Indonesia yang damai,” demikian Bambang Soesatyo. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top