Polhukam

Pilgub Kaltim Tinggal Hitungan Hari, Ini Pesan Hetifaf Kepada Pemilih

PARLEMENTARIA.COM– Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur tinggal menghitung hari. Karena, anggota DPR RI dari Dapil Kalimantan Timur, Hetifah Sjaifudian mengingatkan (berpesan-red) agar warga yang punya hak pilih untuk menggunakan hak pilih mereka, termasuk warga yang belum memiliki KTP-elektronik.

Pesan itu Hal diutarakan Hetifah ketika menghadiri acara Debat Publik Ketiga Pilgub Kaltim di Balikpapan, Jumat (22/6).

Dikatakan perenpuan berhijab ini, yang belum punya KTP elektrnik bisa menggunakan hak pilihnya jika terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan menggunakan surat keterangan (Suket) dan formulir Model C6-KWK.

“Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menerbitkan surat edarannya. Jadi, diperbolehkan menggunakan hak pilihnya dengan ketentuan petugas KPPS memastikan bahwa Suket dan formulir Model C6-KWK yang dibawa sesuai dengan pemilih yang bersangkutan,” jelas Hetifah.

Dikatakan, pelaksanaan Pilkada Kaltim memang masih dalam suasana mudik. Hal ini memungkinkan para pemilih masih di kampung halaman (luar Kaltim). Karena itu, Hetifah menghimbau para pemudik agar segera kembali.

Berkenaan dengan praktik politik uang, Hetifah menghimbau agar paslon dan pendukungnya tidak melakukan praktik tersebut. “Yang terpenting juga jangan kotori Pilkada Kaltim dengan money politics. Saya ingatkan pelakunya bisa dipidana. Calon yang terbuki bisa dibatalkan,” lanjut Hetifah.

Maraknya berita hoax dan ujaran kebencian bernuansa SARA juga menjadi perhatian Hetifah di Pilkada 2018. Dia mengakui, banyak kabar hoax dan ujaran kebencian yang mudah menyebar melalui media sosial. “Saya himbau stop hoax dan ujaran kebencian. Ini bisa mencederai demokrasi dan Pilkada kita,” perempuan kelahiran Bandung 54 tahun silam ini.

Hetifah yang juga pimpinan Komisi X DPR RI tersebut meminta pemilih untuk mempelajari track record calon. “Silahkan pelajari latar belakang calon agar bisa membuat keputusan yang tepat saat di TPS nanti,” demikian Hetifah Sjaifydian. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top