Pengawasan

Budi Karya Sumadi Duga KM Sinar Bangun Tenggelam Karena Kelebihan Muatan

PARLEMENTARIA.COM– Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menduga, kelebihan muatan (over capacity) menjadi faktor penyebab kuat tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Senin (18/6).

Sesuai dengan dokumen, kapal hanya untuk 43 penumpang. Namun, muatan KM Sinar Bangun jauh melebihi kapasitas angkut,” kata Menhub dalam acara Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne, Jumat (22/6).

Dari kelaikan kapal, kata Budi, KM Sinar Bangun masih layak karena mengantongi izin operasional dari dinas perhubungan setempat. Namun, Budi menyoroti ketaatan dalam mengangkut jumlah penumpang yang melebihi kapasitas.

“Kemarin kita berkoordinasi dengan dishub kabupaten, selaku yang memegang izin operasi untuk melakukan perbaikan-perbaikan. Bagaimana adanya manifes juga menjadi keharusan,” sebut Budi.

Anggota Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut juga menyoroti minimnya pelampung (life jacket) yang disediakan dalam setiap KM di perairan Danau Toba.

Hal ini diketahui setelah adanya korban selamat KM Sinar Bangun yang tak menggunakan life jacket. “Saya sampaikan kepada dishub untuk melakukan pembenahan di Danau Toba ini dengan menyandarkan peraturan regulasi yang berlaku melakukan pengawasan dengan baik,” demikian Budi Karya Sumadi. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top