Peristiwa

KM Sinar Bangun Tenggelam, Polres Simalungun Temukan Keanehan

PARLEMENTARIA.COM– Bukti pelanggaran yang dilakukan Kapal Motor (KM) Sinar Bangun yang tenggelam di perairan danau Toba, Sumatera Utara mulai terkuak. Pihak yang mengoperasikan Sinar Bangun melakukan berbagai macam pelanggaran seperti kelebihan muatan, tidak cukupnya alat keamanan seperti pelampung.

Sedangkan aparat Kepolisian mengungkapkan keanehan atas tenggelamnya KM Sinar Bangun, Senin (18/6) sore yang merenggut puluhan nyawa tersebut. Saat peristiwa terjadi, ternyata nakhoda kapal tidak berada dalam peristiwa itu.

“Ada yang aneh dalam pengungkapan kasus tenggelamnya KM Sinar Bangun. Karena dalam daftar korban yang selamat maupun yang hilang, nama nakhoda tidak ditemukan. Ternyata nakhoda sampai saat ini masih berada di darat,” ucap Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan kepada wartawan, Rabu (20/6).

Saat kejadian, kata Marudut, Tua Sagnala, Warga Desa Simarmata, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samos sebagai nakhoda tidak berada dalam KM Sinar Bangun. Dia meminjamkan kapal itu kepada seseorang, untuk dikemudikan dan membawa penumpang.

Marudut enggan membeberkan orang yang mengemudikan KM Sinar Bangun saat kejadian apa masuk dalam korban selamat maupun korban yang masih dinyatakan hilang. Namun, pihak kepolisian terus melakukan penyelidikan dan berkoordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Ini menarik kita dalami, karena kita masih fokus dengan proses pencarian. Selanjutnya, kita melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab tenggelamnya kapal. Ada yang aneh di Danau Toba ini,” kata dia.

Marudut menutup rapat informasi keberadaan nakhoda sebenarnya diamankan di mana. Karena, untuk menjaga keamanan dari nakhoda itu sendiri. Kemudian, terus dilakukan pemeriksaan secara maraton oleh pihak kepolisian.

“Nakhoda saat ini masih kita amankan, kita tidak bisa memberitahukan di mana keberadaannya. Karena kalau kita beritahukan, bisa saja terjadi amukan massa,” kata Marudut. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top