Polhukam

M Iriawan Mohon Masyarakat Tidak Ragukan Komitmen Sebagai Polri

PARLEMENTARIA.COM– Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi, Mochamad Iriawan dilantik sebagai Pejabas Sementara (Pjs) Gubernur Jawa Barat, Senin (18/6). Dalam tugasnya sebagai Pjs, Irawan berjanji netral atau tak mendukung pasangan calon tertentu.

Dia mengaku hanya akan menjalankan kewajiban sebagai pengganti sementara gubernur Jawa Barat. Karena itu, dia memohon masyarakat tidak meragukan komitmen tentang profesionalitasnya sebagai anggota Polri maupun sebagai Pjs.

Irawan mengaku, dia menyadari, tidak mungkin mempertaruhkan karier yang dirintisnya dari bawah hingga kini menyandang bintang tiga hanya untuk kepentingan politik sesaat dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat maupun Pemilu 2019.

“Saya ini meniti karier dari bawah. Sekarang sudah mendapatkan bintang tiga. Itu pertaruhan. Kalau tidak netral, sayang karier saya, karena masih ada waktu untuk bekerja demi negara,” kata Iriawan kepada awak media usai dilantik sebagai Pjs Gubernur Jawa Barat oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo di Gedung Sate, Bandung, Senin (18/6).

Sebagai prajurit Bhayangkara, kata Iriawan, dia tak boleh menolak tugas dalam bentuk apa pun. Begitu pula kalau negara mengamanatkan tugas memimpin sementara Jawa Barat.

Kalau pun ada pihak-pihak yang mengkritik atau bahkan menolak, Iriawan mengaku, tidak keberatan karena itu hak setiap orang. “Enggak masalah kalau ada yang menolak, ini bagian dari kehidupan demokrasi. Apa yang diperintahkan oleh negara, kami laksanakan. Dalam sumpah pun ada.”

Mantan Kapolda Metro itu telah menetapkan tugas pertama dan utama yang mesti dikerjakannya sebagai Penjabat Gubernur, antara lain berkoordinasi para kepala dinas dan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menjalankan pemerintahan.

Juga dengan aparat untuk memastikan situasi kondusif. “Tentunya saya ingin sukses di semua sektor. Di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat Alhamdulilah berhasil. Saya juga ingin berhasil di bidang pemerintahan sehingga ada catatan sejarah buat saya apabila nanti sudah dipanggil Maha Kuasa,” demikian M Iriawan. (art)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top